Kajati Lantik Sejumlah Pejabat Eselon 3 di Kejaksaan di Sumut

I Made Sudarmawan Asintel, Anton Aspidsus dan Arif Aspidum Kejati Sumut

1.105 view
Kajati Lantik Sejumlah Pejabat Eselon 3 di Kejaksaan di Sumut
(Foto: Dok/Penkum Kejatisu)
LANTIK: Kajati Sumut Idianto (membelakangi kamera) melantik dan menyerahterimakan jabatan (sertijab) sejumlah pejabat eselon 3 di lingkungan Kejaksaan di Sumut, Senin (14/3/2022), di Aula Adhyaksa Hall Kejati Sumut. 

Medan (harianSIB.com)

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut Idianto melantik sejumlah pejabat eselon 3 setingkat asisten, kajari dan koordinator di lingkungan Kejaksaan di Sumut, Senin (14/3/2022), di Aula Adhyaksa Hall lantai 1 Kejati Sumut, Jalan Jend AH Nsution (Jalan Karya Jasa ) Medan Johor. Mereka terdiri dari empat asisten dan 10 Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari).

Usai pelantikan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama kepada pejabat baru.


Demikian diinformasikan Kasipenkum Kejati Sumut, Yos Tarigan dalam siaran pers yang diterima wartawan, termasuk jurnalis Koran SIB Martohap Simarsoit, Senin (14/3/2022).


”Acara pelantikan itu menerapkan protokol kesehatan dan dibatasi orang yang menghadirinya,” kata Yos.


Para asisten yang dilantik yaitu, I Made Sudarmawan, SH, MH yang sebelumnya Kajari Jakarta Utara menjadi Asintel (Asisten Intelijen) menggantikan Dr Dwi Setyo Budi Utomo MH yang dipromosikan keeselon 2 sebagai Koordinator pada Jampidum Kejagung. Anton Delianto yang sebelumnya Kajari Surabaya menjadi Aspidsus (Asisten Pidana Khusus) menggantikan M Syarifuddin yang promosi menjadi Koordinator pada Jampidsus Kejagung.

Selanjutnya, Arif Zahrulyani yang sebelumnya Kajari Sidoarjo menjadiAspidum (Asisten Pidana Umum), menggantikan Dr Sugeng Rianta yang mutasi menjadi Kabag Reformasi Birokrasi pada Biro Perencanaan Jambin Kejagung. Kemudian, Sufari yang sebelumnya Kasubdit Pengamanan Pembangunan Infrastruktur Kawasan dan Sektor Strategis Lainnya pada Jamintel Kejagung menjadi Asbin (Asisten Pembinaan) yang selama ini lowong dan dijabat Plt Dwi Setyo Budi Utomo merangkap Asintel.

Para Kajari yang dilantik yaitu, Jasmin Simanullang yang tadinya Aswas (Asisten Pengawasan) Kejati Kepri menjadi Kajari Padangsidimpuan, menggantikan Hendry Silitonga yang dimutasi menjadi Kabag Penyusunan Program, Laporan dan Penilaian pada Sesjam Datun Kejagung RI, Novan Hadian yang sebelumnya Kajari Hulu Sungai Utara di Amuntai sebagai Kajari Madina menggantikan Taufiq Djalal yang pindah menjadi Kajari Barru, Anthony yang tadinya Kajari di Gunung Mas di Kuala Karum menjadi Kajari Humbahas, menggantikan Martinus Hasibuan yang prmosi menjadi Aspidum Kejati Riau.


Kemudian, Mei Abeto Harahap sebelumnya Kajari Dompu menjadi Kajari Langkat menggantikan Muttaqin Harahap, SH,MH yang promosi menjadi Asintel Kejati Banten, Juris Precisely dari Kasubdit pada Jamintel menjadi Kajari Pematangsiantar, yang selama ini kosong dan dijabat Plt RM Ari Proagung merangkap Aswas Kejati Sumut. Hartam Edyanto sebelumnya Kajari Bulukumba menjadi Kajari Padang Lawas(Palas) menggantikan Andri Kurniawan yang pindah menjadi Kajari Demak.

Dedyng Wibiyanto Atabay yang sebelumnya Kajari Bantaeng menjadi Kajari Asahan, menggantikan Aluwi yang promosi menjadi Asdatun Kejati Banten. Rufina Br Ginting sebelumnya Koordinator pada Kejati Bengkulu menjadi Kajari Tanjungbalai menggantikan M Amin, yang pindah tugas menjadi Kajari Serdang Bedagai. M Amin dari Kajari Tanjungbalai menjadi Kajari Serdang Bedagai menggantikan DonnyHaryono Setyawan yang promosi menjadi Aspidsus Kejati Jambi.

Damha dari Koordinator pada Kejati Kalbar menjadi Kajari Gunungsitoli, menggantikan Futin Helena Laoli yang pindah menjadi Kajari Bangka di Sungai Liat. Rahmad Isnaini sebelumnya Kasi Ipolhankam pada Asisten Bidan Intelijen Kejati Kalimantan Tengah, pindah tugas menjadi Kajari Bangka di Sungai Liat.


Rahmad Isnaini SH, MH sebelumnya Kasi Ipolhankam pada Asisten Bidan Intelijen Kejati Kalimantan Tengah menjadi Kabag TU Kejati Sumut, menggantikan Raden Sudaryono yang promosi menjadi Kajari Bone Bolango di Suwawa. Gunawan Wisnu Murdiyanto, SH, MH sebelumnya Kasidik pada Asisten Bidang Pidsus Kejati DI Yogyakarta menjadi Koordinator pada Kejati Sumut menggantikan Salman yang promosi menjadi Kajari Jayawijaya di Wamena.


Idianto meminta para Kajari yang baru dilantik segera mempelajari, mengidentifikasi dan mengevaluasi kondisi serta situasi wilayahnya, mengendalikan dan memonitor setiap perkembanganyang berpotensi menimbulkan ancaman, hambatan dan gangguan dalam pelaksanaan tugas.

"Jaga soliditas dan lakukan pembinaan seluruh jajaran di wilayah hukum saudara, serta pastikan pelaksanaan penegakan hukum tidak menimbulkan kegaduhan. Pastikan juga seluruh personel di wilayah hukum saudara memiliki sensitifitas tinggi terhadap isu-isu penegakan hukum,khususnya yang menyangkut rakyat kecil. Oleh karena itu, tunjukan Kejaksaan hadir untuk melindungi masyarakat," kata Idianto.

Idianto juga mengingatkan agar mengawal penerapan pelaksanaan kebijakanRestorative Justice yang disandarkan pada nilai-nilai kearifan lokal, sehingga terbentuk iklim harmonis dan saling melengkapi antara hukum nasional dan hukum adat.

"Seperti yang ditegaskan Jaksa Agung RI agar seluruh jajaran insan Adhyaksa menjaga amanah dan menghindari perbuatan yang menciderai rasa keadilan masyarakat," katanya. (*)


Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com