Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Kanwil Kemenkumham Sumut Seleksi Calon Anggota LPSK Periode 2024-2029

Redaksi - Sabtu, 02 September 2023 23:16 WIB
3.082 view
Kanwil Kemenkumham Sumut Seleksi Calon Anggota LPSK Periode 2024-2029
Foto: Ist/harianSIB.com
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkumham Sumut) ikut terlibat dalam Sosialisasi Seleksi Calon Anggota LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) 2024-2029 di Ballroom Grand Emerald Hotel Medan, Kamis (31/8/202
Medan (SIB)
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dipilih oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) sebagai mitra dalam kegiatan Sosialisasi Seleksi Calon Anggota LPSK Periode 2024-2029, digelar di Medan, Kamis.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Imam Suyudi, ketika membuka kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Ketua Panitia seleksi anggota LPSK yang telah memilih Kanwil Kemenkumham Sumut untuk menjadi mitra pada kegiatan itu.
Imam menyebutkan seyogyanya kegiatan ini diadakan untuk mendukung perlindungan saksi dan korban sehingga dapat terjaminnya perlindungan kepada korban, khususnya pengungkapan kasus dalam peradilan pidana.
LPSK diberikan mandat oleh undang-undang sebagai focal point dalam pemberian perlindungan saksi dan korban sehingga harus mampu mewujudkan suatu kondisi dimana saksi dan korban benar-benar terlindungi dan dapat mengungkap kasus dalam peradilan pidana.
"Dalam mewujudkan hal itu, tentu dibutuhkan kelembagaan yang profesional dalam pelaksanaan perlindungan saksi dan korban, landasan hukum yang kuat, jejaring yang luas serta kondisi kondusif dan partisipasi masyarakat," ucapnya.
Kakanwil mengatakan untuk itu perlu dilakukan penyeleksian dalam pemilihan calon anggota LPSK di Provinsi Sumatera Utara.
"Saya sangat bangga karena Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara bisa berkolaborasi dengan LPSK dan tentunya kami sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud dalam memberikan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia terhadap saksi dan korban," katanya.
Imam juga berharap dengan terselenggara nya kegiatan tersebut dapat menjadi sarana bagi calon peserta yang tergerak untuk bergabung bersama-sama memperkuat LPSK untuk memberikan kepastian kepada saksi dan korban dalam percepatan akses keadilan bagi saksi dan korban. (Ant/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kanwil Kemenkumham Sumut Lakukan Pendampingan Merek Kolektif di Karo, Salah Satunya Cimpa
Kanwil Kemenkumham Sumut Gelar Rakernis Jajaran Permasyarakatan
Tingkatkan Sinergitas, Kapolda Terima Kakanwil Kemenkumham Sumut
Kanwil Kemenkumham Sumut Kembalikan 78 CPNS 2023 ke Satuan Kerja
Kanwil Kemenkumham Sumut Prioritaskan Kualitas Pelayanan
Kanwil Kemenkumham Sumut Sosialisasi Layanan Fidusia Dalam Membangun Kesadaran Hukum
komentar
beritaTerbaru