Kejari Asahan Amankan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana BUMDes dan BLT Desa Pulau Tanjung


422 view
Kejari Asahan Amankan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana BUMDes dan BLT Desa Pulau Tanjung
(Foto : Dok/Kejari Asahan)
BUMDES dan BLT : RFB, tersangka kasus dugaan korupsi Bumdes dan penyaluran BLT Desa Pulau Tanjung Tahun, diapit Kasi Intel Josron Sarmulia Malau dan Kasi Pidsus Kejari Asahan Vincent Tampubolon, Selasa (20/9/2022).

Kisaran (harianSIB.com)

Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan terdiri dari bidang intel dan bidang Pidsus mengamankan RFB, tersangka perkara korupsi dugaan penggelapan dana BUMDes dan penyaluran BLT Desa Pulau Tanjung Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Asahan Tahun 2020.


"RFB kita amankan di Desa Sibulan-bulan Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara, Senin (19/9/2022) sekira pukul 19.50 WIB," ungkap Kajari Asahan Dedyng Wibianto Atabay melalui Kasi Intel Josron Sarmulia Malau kepada harianSIB.com, Selasa (20/9/2022).


Dijelaskan Josron, diamankannya RFB berawal dari laporan telah terjadinya dugaan penggelapan

dana BUMDes Pulau Tanjung dan penyaluran BLT berasal dari Dana Desa (DD) yang tidak sesuai pada tahun 2020.


"Dapat diamankannya tersangka berkat informasi dari masyarakat yang memberitahukan keberadaan RBF," ujarnya.


Josron melanjutkan, akibat perbuatan RFB, negara mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta lebih dengan rincian Rp 184 juta kerugian BUMDes dan Rp 30 juta penyaluran BLT.


RFB sendiri merupakan bendahara Desa Pulau Tanjung ketika perbuatan tindak pidana korupsi tersebut terjadi.


"RFB diamankan setelah tidak menghadiri 3 kali pemanggilan atau tidak kooperatif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan sebagai saksi dan kemudian digelar ekspose serta penetapan tersangka. Saat ini, RFB telah ditahan dan dititipkan ke LP Labuhan Ruku Kabupaten Batubara untuk 20 hari ke depan," pungkasnya.(*)




Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com