Kejari Asahan Tangkap Seorang Kepala KUA DPO Terpidana KDRT


233 view
Kejari Asahan Tangkap Seorang Kepala KUA DPO Terpidana KDRT
(Foto : Dok/Kejari Asahan)
KDRT : Mansyur Ali, DPO terpidana KDRT diapit Kasi Intel Josron Malau dan Kasi Pidum Kejari Asahan Aben Situmorang ketika diamankan ke Kantor Kejari Asahan, Senin (21/6/2021).
Kisaran (harianSIB.com)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Asahan berhasil menangkap Mansyur Ali, terpidana Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang telah divonis 9 bulan penjara dari Pematangsiantar, Senin (21/6/2021).

Kajari Asahan melalui Kasi Intel Josron Malau kepada wartawan mengatakan, sebelum diamankan, terpidana Mansyur Ali telah divonis 6 bulan oleh PN Kisaran berdasarkan putusan nomor 665/Pid.Sus/2016/PN Kis, karena telah terbukti melakukan tindak pidana menelantarkan orang lain dalam lingkup rumah tangga.

“Terpidana secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 49 huruf a UU RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga,” ujar Josron.

Lanjut Josron, akan putusan PN Kisaran tersebut, Mansyur Ali melakukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi Medan. Namun hukuman terhadap Mansyur bertambah menjadi 9 bulan. Putusan ini tertuang di Pengadilan Tinggi Medan, nomor 165/PID.SUS/2017/PT MDN.

Tidak terima, Mansyur kembali melakukan upaya hukum yakni Kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Hasilnya, MA menolak gugatan Kasasi Mansyur dan menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Medan. Kembali tidak terima dengan putusan Kasasi, Mansyur mengajukan PK. Namun, karena syarat formil dan materil tidak terpenuhi, PK Mansyur ditolak. Mansyur saat ini diketahui menjabat Kepala KUA di salah satu kecamatan di Kabupaten Simalungun.

“Apa yang kita lakukan merupakan eksekusi menindaklanjuti putusan pengadilan. Sebelum kita laksanakan eksekusi, kita telah menyurati 3 kali tetapi tidak dipedulikan,” punkasnya.(*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Tag:dpokdrt
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com