Kuasa Hukum Wakil Ketua DPRD Deliserdang Laporkan 2 Ketua LSM


291 view
Kuasa Hukum Wakil Ketua DPRD Deliserdang Laporkan 2 Ketua LSM
(Foto : Dok/Dedi)
TUNJUKKAN: Kuasa Hukum Wakil Ketua DPRD Deliserdang Nusantara T Silangit, Dedi Suheri menunjukkan laporan Nomor STTLP/B/1222/VI/Yan 2.5/2021/SPKT Polrestabes Medan kepada media di Medan, Senin (21/6/2021).
Deliserdang (harianSIB.com)
Berita konferensi pers yang dilakukan 2 Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menuding Wakil Ketua DPRD Deliserdang H Nusantara Tarigan, diduga menyalahi jabatan menggunakan stempel untuk kepentingan pribadi atau kelompok terhadap beberapa perusahaan pabrik sangat disayangkan kuasa hukum, Dedi Suheri.

Tidak terima, melalui kantor hukum Dedi Suheri dan Rekan, Nusantara Tarigan melaporkan kasus tersebut ke Mapolrestabes Medan dengan Nomor STTLP/B/1222/VI/Yan 2.5/2021/SPKT Polrestabes Medan.

"Saya mewakili Wakil Ketua DPRD Deliserdang H Nusantara Tarigan dalam menyikapi berita yang terbit di media online, cetak yang menuduh Wakil Ketua DPRD Deliserdang menyalahi wewenang atau memalsukan stempel Ketua DPRD Deliserdang, telah melaporkan kasus ini ke Mapolrestabes Medan dengan Nomor STTLP/B/1222/VI/Yan 2.5/2021/SPKT Polrestabes Medan," ujar Dedi Suheri dalam rilis yang diterima jurnalis Koran SIB Jekson Turnip, Senin (21/6/2021).

Dedi menjelaskan laporan tersebut dilakukan ke Polrestabes Medan, karena lokasi foto konferensi pers digelar di Medan.

"Yang perlu kita jelaskan adalah foto dalam konferensi pers yang kita maksud menuduh langsung nama Wakil Ketua DPRD Deliserdang bukan jabatannya. Bahwa di situ juga menyebutkan pemalsuan stempel. Jika ada palsu, pasti ada yang asli. Harusnya ada pembanding, namun aslinya stempel dipegang Sekretariat Dewan, di mana surat-surat melalui prosedur," tambahnya.

Dedi menjelaskan sesuai Tata Tertib Pimpinan DPRD Deliserdang No 1 Tahun 2020 Perubahan atas Peraturan DPRD Deliserdang No 1 Tahun 2018, di mana tugas dan fungsi Wakil DPRD Deliserdang bisa menggantikan tugas Ketua DPRD Deliserdang.

"Dalam konferensi pers, background berupa spanduk yang menyatakan Wakil Ketua DPRD Deliserdang H Nusantara Tarigan menyalahgunakan wewenang harus dibuktikan mereka. Kedua memalsukan stempel Ketua DPRD Deliserdang. Dalam pasal 263, stempel itu harus dibuktikan 'identik dan non identik'. Dan kami sudah melaporkan 2 Ketua LSM berinisial RS dan ASL," jelasnya.

Dedi mengingatkan tindakannya ini bukan membungkam suara aktivis, melainkan menegakkan kebenaran, jangan membuat opini yang belum pasti.

"Cara memasang spanduk sebagai background konferensi pers jelas berusaha menjatuhkan nama baik Wakil Ketua DPRD Deliserdang H Nusantara Tarigan. Kita harap hal ini cepat ditindak lanjuti pihak Polrestabes Medan, agar tidak lagi terjadi hal-hal seperti ini. Mari sama-sama kita memerangi berita-berita hoaks atau berita bohong," katanya.

Wakasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Rafles Marpaung yang dikonfirmasi membenarkan laporan itu.

"Ada laporannya tanggal 17 Juni 2021. Kasusnya masih di lidik," kata Rafles ketika dikonfirmasi jurnalis Koran SIB Roy Damanik. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com