Polisi Tetapkan 9 Tersangka Perusakan Kotak Suara Pilkades Bertungen Julu Dairi


620 view
Polisi Tetapkan 9 Tersangka Perusakan Kotak Suara Pilkades Bertungen Julu Dairi
(Foto: SIB/Tulus Tarihoran)
BERI KETERANGAN: Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi dan lainnya memberi keterangan terkait kerusahan Pilkades Bertungen Julu, dengan membelakangi 9 orang tersangka, Jumat (26/11/2021), di Mapolres Dairi.
Sidikalang (harianSIB.com)
Polda Sumut dan Polres Dairi menetapkan sembilan tersangka perampasan dan perusakan kotak suara pemilihan kepala desa (Pilkades) Bertungen Julu, Kecamatan Tigalingga, Dairi.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi, didampingi Wadirreskrimum, AKBP Alamsyah Hasibuan, Kapolres Dairi, AKBP Wahyudi Rahman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dairi, Junihardi Siregar, tokoh masyarakat dan lainnya, Jumat (26/11/2021), pada konferensi pers di Mapolres Dairi seperti dilaporkan jurnalis Koran SIB Tulus Tarihoran.

Katanya, polisi menetapkan 9 tersangka pelaku tindak pidana pencurian dan perusakan dengan kekerasan kepada orang/barang di muka umum. Para tersangka diancam hukuman penjara 9 tahun.

Pelaku ditetapkan tersangka yaitu, IPT, JWG, BHS, FS,KG, RDS, PJT, AT, ASB. Semua pelaku berperan melakukan perebutan kotak suara dari P2KD dan polisi. Kemudian, IPT juga berperan merusak kotak suara dengan membanting ke aspal dan ASB juga berperan merobek kertas suara.

Diterangkan, pelaku merampas kotak suara saat pemindahan kotak suara dari tempat pemungutan suara (TPS) menuju kendaraan yang akan membawa kotak suara ke kantor kecamatan.

"Kotak suara dirampas dari panitia pemilihan kepala desa (P2KD) dan polisi saat mengangkat kotak suara. Hingga terjadi tarik-menarik kotak," ucap Hadi.

Peristiwa itu terjadi, Kamis (25/11/2021) malam di TPS 01, setelah selesai penetapan dan pengumuman hasil Pilkades. Di mana pendukung salah satu calon merasa tidak puas, terjadi keributan hingga perampasan kotak suara.

Selisih perolehan suara antara calon nomor 01 dengan nomor 02 sebanyak satu suara. Calon nomor 01 memperoleh suara sebanyak 490 suara dan calon nomor 02 sebanyak 489 suara.

Saat peristiwa itu, lanjutnya, dua anggota kepolisian mengalami luka lebam. Memang kondisinya sekarang sudah membaik. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com