Polres Asahan Paparkan Temuan Sabu 34 Kg, Kurir Dijanjikan Upah Rp100 Juta


209 view
Polres Asahan Paparkan Temuan Sabu 34 Kg, Kurir Dijanjikan Upah Rp100 Juta
(Foto: harianSiB.com/Mangihut Simamora)
SABU:  Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, didampingi unsur Forkopimda Asahan yakni, Bupati Asahan H Surya, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Kasi Intel Kejari Asahan Josron Malau, serta yang mewakili PN Kisaran mengangkat barang bukti sabu, Senin (20/9/2021). 
Kisaran (harianSIB.com)
Polres Asahan memaparkan temuan narkoba jenis sabu seberat 34 Kg oleh warga, di Dusun II Desa Sei Apung Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Rabu (8/9/2021).

"Dari temuan ini kita berhasil melakukan pengembangan, yakni mengamankan Ir (47) warga Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, yang diduga sebagai kurir," kata Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, didampingi unsur Forkopimda Asahan, pada konferensi pers pemaparan kasus itu, Senin (20/9/2021).

Dijelaskan Putu, Ir ditangkap di Jalinsum Ahmad Yani Kisaran, saat hendak ke Kota Tanjungbalai dari Pematangsiantar, Minggu (12/9/2021). Hasil interogasi diketahui dia disuruh seseorang dengan upah Rp 100 juta, jika berhasil mengantar sabu dari Desa Sei Apung ke tempat yang akan dituju.

"Ini merupakan sindikat internasional. Barang sabu yang diamankan berasal dari Malaysia," ujar Putu.

Putu menjelaskan pihaknya masih memburu 4 orang yang bersinggungan langsung dengan Ir. Keempatnya merupakan orang yang menyuruh, memberi dan menjanjikan supaya sabu tersebut bisa diselundupkan.

"Total sabu 33 bungkus, 1 bungkus tidak utuh lagi dengan berat 34,794 Kg," papar Agus.

Ditanya apakah ada keterkaitan dengan pengungkapan kasus sabu 28 Kg sebelumnya? Putu memastikan belum ada.

"Berdasarkan keterangan dari Ir belum ada keterangan, tapi entah nanti tertangkap tersangka lain," katanya.

Putu menambahkan tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (2) subsidair pasal 112 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau hukuman mati. (*)


Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com