Polsek Pancurbatu Ringkus Tersangka Pencuri dan Penadah


311 view
Polsek Pancurbatu Ringkus Tersangka Pencuri dan Penadah
Foto : harianSIB.com/Leo Bukit
DIAMANKAN: Tersangka pelaku pencurian saat diamankan di Mapolsek Pancurbatu, Kamis (26/5/2022). 

Pancurbatu (harianSIB.com)


Reskrim Polsek Pancurbatu meringkus seorang tersangka pencuri dan dua penadahnya dari lokasi dan waktu berbeda.


Untuk pengusutan lebih lanjut, ketiga tersangka berikut barang bukti sebilah parang tanpa gagang, satu unit kulkas merk Aqua Freezer, dua unit speaker aktif dan dua unit microfon diamankan ke Mapolsek Pancurbatu.


Informasi yang diperoleh, Kamis (26/5/2022), penangkapan tersebut berdasarkan laporan yang diterima dari Metehmuli Tarigan (57) warga Dusun lll, Desa Salam Tani, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Selasa (24/5/2022), sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/B/159/V/2022/SPKT/Polsek Pancurbatu /Polrestabes Medan/Polda Sumut.


Dalam laporannya, ibu rumah tangga ini mengaku, aksi pencurian itu diketahuinya pada Selasa (24/5/2022) sekira pukul 18.00 WIB. Dimana, dari kediamannya, tersangka telah mencuri satu unit kulkas merk Aqua Freezer AQF -S4, satu unit kulkas merk LG, empat unit loudspeaker, dan satu unit TV LCD merk Samsung ukuran 31 inci.

Dari keterangan korban dan saksi, diketahui kalau tersangka berinisial AS (41) warga Dusun I, Desa Pertampilen, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Reskrim Polsek Pancurbatu dipimpin Panit Ipda Junaidi Sembiring melakukan penyelidikan dan olah TKP serta memeriksa saksi. Keesokan harinya, Rabu (25/5/2022), sekira pukul 16.00 WIIB, petugas berhasil meringkus tersangka AS dari kawasan Jalan Pembangunan, Desa Baru, Kecamatan Pancurbatu.

Saat diinterogasi, tersangka mengku, dirinya beraksi di kediaman korban pada Selasa (24/5/2022) dinihari dengan cara merusak jendela belakang menggunakan sebilah parang. Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan ke rumah sewa Su (55) (penadah) di Jalan Anggrek, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan.

Dari rumah tersangka Su ini, ditemukan dua unit speaker aktif beserta dua mikrofon yang dibelinya dari tersangka AS seharga Rp250.000. Kemudian, petugas kembali melakukan pengembangan ke rumah Sw (33) (penadah) di Jalan Bunga Kardiol, Lingkungan lll, Kelurahan Ladang Bambu, Kecamatan Medan Tuntungan dan menemukan satu unit kulkas satu pintu merk Aqua Freezer yang dibeli dari tersangka AS seharga Rp500.000.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Suriyanto Ginting SSos mengatakan, ketiga tersangka ditangkap terkait kasus pencurian.

"Satu ditetapkan sebagai pelaku pencurian, sementara dua lagi terlibat sebagai penadah hasil curian. Untuk tersangka pencuri diterapkan pasal 367 KUHPidana, sedangkan untuk penadahnya diterapkan pasal 480 KUHPidana," ujarnya (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com