Tim Jatanras Presisi Bekuk 2 Pelaku Pengancaman Disertai Pemerasan


492 view
Tim Jatanras Presisi Bekuk 2 Pelaku Pengancaman Disertai Pemerasan
Foto Dok/Sat Reskrim
DIAMANKAN: Kedua pelaku pemerasan disertai pengancaman masing-masing berinisial MTMP dan SAH diamankan di Mako Sat Reskrim Polrestabes Medan, Minggu (17/4/2022).

Medan (harianSIB.com)


Tim Jatanras Presisi Sat Reskrim Polrestabes Medan membekuk 2 pelaku pengancaman disertai pemerasan masing-masing berinisial MTMP (27) warga Dusun I Desa Pematang Kuala, Serdang Bedagai dan SAH (37) warga Jalan Batu Putih Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan.


Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol M Firdaus kepada Jurnalis Koran SIB Roy Damanik, Minggu (17/4/2022) mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku merupakan tindaklanjut dari laporan korban Dedy AP (39) warga Jalan Amal, Kecamatan Medan Sunggal yang tertuang di Nomor: LP/B/1249/IV/2022/SPKT/Polrestabes Medan.


"Dalam laporannya, 15 Januari 2022 SAH bersama temannya datang ke lokasi proyek di Jalan Pahlawan Gang Anom untuk menemui korban guna meminta uang pembinaan OKP. Namun korban tidak mau memberikan uang tesebut. SAH tetap memaksa meminta uang kepada korban. Tak lama pelaku meninggalkan lokasi, dan sembari mengatakan akan kembali lagi ke lokasi," ujarnya.


Pada 20 Januari 2022 sambung Kasat, para pelaku kembali lagi ke lokasi. Korbanpun memberikan uang sebesar Rp 5.000.000. SAH juga mengatakan akan memberikan uang pembinaan kepada OKP lainnya.


"Pada 12 April 2022, SAH dan MTMP kembali ke lokasi proyek dan meminta uang sebesar Rp 10.000.000 kepada korban. Namun Dedy tidak mau memberikannya lantaran uang pembinaan sebelumnya sudah diberikan. Namun pelaku mengancam akan menghancurkan bangunan proyek milik korban. Pelaku kemudian meninggalkan lokasi. Tak terima dengan hal itu korban membuat laporan ke Polrestabes Medan," jelasnya.


Lanjut Firdaus, Sabtu (16/4/2022) sekira pukul 16.00 WIB, Tim Jatanras Presisi mendapat informasi keberadaan kedua pelaku di lokasi proyek. Setibanya di lokasi, petugas mendapati korban sedang memberikan uang Rp 4.000.000 kepada pelaku. Petugas bergerak cepat melakukan penangkapan terhadap para pelaku. Selanjutnya, pelaku berikut barang bukti digelandang ke Mako guna pemeriksaan lebih.


"Kedua pelaku pemerasan dijerat dengan Pasal 368 KUHPidana," pungkasnya.(*)


Penulis
: Roy Damanik
Editor
: Robert/ Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com