Tim Opsnal Polres Taput Ringkus Pelaku Pencurian


376 view
Tim Opsnal Polres Taput Ringkus Pelaku Pencurian
(Foto: Dok/Humas Polres Taput)
Pelaku pencurian berinisial JH yang ditangkap Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Taput. 
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Tapanuli Utara meringkus pelaku pencurian berinisial JH (31), warga Desa Simasom Dolok Kecamata Pahae Julu.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu Pol Walpon Baringbing dalam keterangan pers sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Bongsu Batara Sitompul, Rabu (27/10/2021), menjelaskan pelaku JH sudah tujuh kali melakukan aksi pencurian.

"Tersangka JH berhasil ditangkap dari tempat persembunyiaan pada Senin (25/10/2021), dari Aek Ristop Kecamatan Tarutung," terangnya.

Dia menjelaskan, pelaku JH ditangkap setelah mencuri mixer dari SMK Negeri 1 Siatas Barita Taput, pada Kamis ( 21/10/2021) lalu.

"Atas peristiwa tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Siatas Barita, Allin Tampubolon langsung melaporkan ke Polres Taput . Berdasarkan laporan tersebut, tim kita berhasil mengungkap dan menangkap pelakunya," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari hasil pemeriksaan penyidik, pelaku mengaku dalam sebulan terakhir ini sudah tujuh kali mekakukan pencurian di wilayah Tarutung.

"Selain di SMK N 1 Siatas Barita, tersangka mengakui telah melakukan pencurian di rumah Riduwan Siburian dari kawasan Pasar Tarutung dan berhasil mencuri dua celengan berisi uang dan cincin emas," paparnya.

Selain itu, pelaku juga beraksi di Toko Torop Grosir di Jalan Ferdinand Lumbantobing Tarutung. Tersangka berhasil menggodol uang Rp 3 juta.

Dari empat TKP lagi, tersangka mengakui namun tidak mengenal pemiliknya. Semua tempat tersangka beraksi sudah ditunjukkan kepada penyidik. Kita sudah mengimbau seluruh korban pencurian agar membuat pengaduan ke Polres Taput untuk bisa kita proses, " jelasnya.

Menurutnya, selama melakukan aksinya , JH selalu main tunggal, alasannya agar hasilnya bisa dinikmati sendiri.

"Barang bukti yang berhasil kita sita dari tersangka 1 buah mixer, 1 kunci T dan 2 celengan plastik. Tersangka dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-5e KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara, " katanya. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com