3 Bahaya Mengancam yang Muncul dari Kebiasaan Tidur Telungkup


143 view
©Pixabay
Ilustrasi tidur.
Selain gaya hidup yang tepat baik makanan dan olahraga, tidur merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan. Disarankan setiap malam kamu tidur selama tujuh hingga delapan jam.

Tidur yang terlalu lama atau sebentar bisa menimbulkan masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, masalah kesehatan menatl, ketidaksuburan, serta berbagai masalah lainnya.

Selain waktu tidur, posisi tidur yang kamu miliki juga sangat penting bagi kenyamanan tidurmu. Kondisi tidur yang tak nyaman bisa menyebabkan kamu tak nyenyak dan memunculkan masalah baru.

Tidur dengan posisi telungkup merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Posisi ini memang bisa menyebabkan gangguan tidur dan mengurangi mendengkur, walau begitu hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Posisi ini bakal sangat membebani leher dan punggung seseorang ketika tidur. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah bahaya yang mengancam dari kebiasaan tidur telungkup.

Punggung
Ketika kamu tidur telungkup, terdapat tekanan lebih besar yang dialami oleh punggung dan tulang belakang. Posisi tidur ini membuat tulang punggung tidak berada pada posisi alami dan bisa menimbulkan tekanan lebih tinggi pada seluruh bagian tubuh.

Tulang punggung merupakan penyambung sejumlah saraf dan hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian lain di tubuh. Posisi ini bisa menimbulkan tekanan pada otot dan sendi hingga menyebabkan rasa kesemutan, sakit, dan bahkan masalah saraf.

Sakit Leher
Tidur telungkup membuat posisi kepala menjadi miring ketika melakukannya. Hal ini membutatmu menjadi memutar leher ketika tidur dan tidak berada dalam posisi normal sehingga menyebabkan munculnya masalah leher.

Wanita Hamil
Ketika kamu tengah hamil, tidur yang berkualitas dan cukup merupakan hal yang penting dilakukan. Tidur telungkup merupakan posisi tidur yang pantang dilakukan wanita hamil karena bisa memberikan tekanan berlebih pada bayi yang dikandung.

Pada wanita hamil, disarankan untuk tidur miring ke kiri. Posisi ini bisa meningkatkan aliran darah sehat ke tubuh dan memberi tingkat oksigen yang maksimal baik pada ibu dan bayi.

Berbagai dampak buruk tersebut mungkin kamu alami ketika tidur dalam posisi telungkup. Mengingat berbagai dampak yang muncul dari posisi tidur ini, sebaiknya hindari posisi tidur ini dalam sejumlah kondisi. (Mdk.com/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com