8 Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Ginjal sampai Atasi Masuk Angin


104 view
Sumber: Pixabay
Kumis kucing mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon, dan oksalat. 
Kumis kucing adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Yang membuatnya lebih melegakan adalah tanaman yang memiliki bungan berwarna putih, ungu, dan merah muda serta benang sari panjang menyerupai bentuk kumis kucing dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus ini diketahui memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, Oksalat, Glikosida dan Orthosiponon. Tidak hanya itu saja, kumis kucing juga memiliki sifat antiinflamasi dan antihipertensi. Karena kesemua kandungan inilah, tidak mengherankan jika banyak masyarakat yang mengandalkan kumis kucing sebagai tanaman obat herbal yang berkhasiat.

Kumis kucing yang mampu tumbuh dengan cepat dengan ketinggian antara 1 sampai 2 meter ini biasanya diambil daunnya untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal. Pengolahannya yakni dengan dijadikan teh. Kamu hanya perlu menyediakan 4 sampai 5 lembar daun kumis kucing dan segelas air untuk dimasak sampai mendidih. Lalu air rebusannya bisa kamu minum sebanyak 3 kali sehari.
Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari kumis kucing.

Kandung Kemih
Manfaat kumis kucing yang pertama adalah mampu mengatasi masalah yang terjadi pada kandung kemih. Tanaman ini dipercaya bisa membersihkan traktat serta mempermudah sistem kerja yang ada di kandung kemih.
Dengan mengonsumsinya, hal ini bisa membantu untuk melawan infeksi dan mencegah adanya gangguan kandung kemih yang bisa terjadi di lain waktu. Selain itu, kumis kucing juga bisa kamu andalkan untuk melakukan detoksifikasi di tubuh. Di mana ini akan membersihkan racun-racun yang ada di tubuhmu.

Batu Ginjal
Kumis kucing bisa kamu manfaatkan untuk menghancurkan batu ginjal. Tanaman ini dapat kamu sajikan dalam bentuk teh. Namun, batu ginjal yang mampu untuk dihancurkan oleh kumis kucing adalah yang berukuran kecil saja sekitar 5 cm.

Tidak hanya itu saja, ramuan yang berasal dari kumis kucing bisa kamu andalkan untuk mengatasi infeksi ginjal akut serta beberapa penyakit kronis lainnya. Bahkan hal tersebut sudah dibuktikan secara klinis, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi ramuan maupun teh yang berbahan dasar kumis kucing.

Encok dan Rematik
Rematik tidak hanya dialami oleh orangtua saja, anak-anak muda juga bisa mengalaminya. Jika penyakit ini muncul, tentu akan menghambat aktivitasmu karena sakit yang dirasakan.

Bagi kamu yang mengalami encok dan rematik, maka bisa memanfaatkan kumis kucing untuk meredakan rasa nyerinya. Hal ini karena kumis kucing mengandung enzim flavonoid yang mampu untuk meringankan sakit dari encok dan rematik.

Antijamur
Kumis kucing memiliki kandungan yang mampu untuk mencegah tumbuhnya parasit serta inang asing yang bisa hidup di tubuh manusia. Oleh karena itu, tanaman ini pun bisa kamu aplikasikan pada bagian tubuh yang terinfeksi oleh jamur.

Jika sudah kamu aplikasikan pada bagian yang terinfeksi jamur, maka kumis kucing akan bertugas untuk memotong rantai suplai nutrisi dari jamur. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu merebus daun kumis kucing dan meminum air rebusannya.

Sifat Diuretik
Perlu diketahui bahwa tanaman kumis kucing bisa membantu untuk meningkatkan aliran urine. Di mana dengan cara merelaksasi bagian otot dinding pembuluh internal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pada kumis kucing yang berupa senyawa sinensetin dan tetramethoxy-flavon.

Selain itu, sifat diuretik yang dimiliki oleh kumis kucing juga bisa meningkatkan aliran urine serta ampu dalam mengurangi kadar asam urat.

Pernapasan
Bagi kamu yang mengalami masalah pernapasan, bisa menjadikan kumis kucing sebagai solusinya. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menggunakan ramuan obat dari kumis kucing yang dikombinasikan dengan ramuan herbal lainnya.

Kamu juga bisa meminum air rebusan kumis kucing. Di mana hal ini dipercaya mampu untuk mengurangi batuk. Tetapi manfaat ini masih memerlukan penelitian kembali karena efekivitasnya masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Masuk Angin
Saat masuk angin menyerang, biasanya tubuhmu akan merasa demam hingga pusing. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa memanfaatkan kumis kucing. Caranya sederhana sekali, kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 3 lembar daun kumis kucing, lalu direbus dengan air satu gelas. Kemudian kamu minum air rebusannya untuk mengobati masuk angin.

Mengontrol Gula Darah
Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari kumis kucing adalah mampu mengontrol gula darah yang ada di tubuh. Kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti diabetes.

Diketahui bahwa kumis kucing mengandung minyak atsiri serta genkosid ortosifonin yang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, dari kandungan yang dimiliki oleh kumis kucing, hal ini sudah dibuktikan ampuh dalam mengendalikan diabetes. (dream/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com