Ini Caranya Agar Luka Cepat Sembuh dan Tidak Mudah Infeksi


131 view
Istimewa
Ilustrasi
Beberapa orang akan merasa panik ketika mengalami luka bakar. Sensasinya pun lebih perih daripada luka biasa.
Namun, sebenarnya luka bakar yang tidak terlalu dalam atau besar masih bisa diobati di rumah. Cara mengobatinya pun seperti menangani luka biasa.

Yang membedakan luka bakar dan biasa adalah struktur lukanya terkadang lebih lembap serta tahap pertama penanganannya.

Cara Mengobati Luka Bakar
Saat memiliki luka bakar, bersihkan luka dengan air mengalir selama 15 menit. "Bersihkan dengan air mengalir supaya panasnya terbuang.

Kerusakan jaringan kulit akibat suhu panas itu diminimalkan," kata Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician dalam webinar Hansaplast First Aid Conference, Senin (12/10).

Kemudian, bersihkan luka menggunakan antiseptik untuk memastikan bakteri dari air terbuang dan mencegah infeksi. Lalu, bersihkan kedua tangan dan pakailah sarung tangan bila perlu.

Bersihkan sisa antiseptik menggunakan kasa steril untuk memastikan luka tidak terlalu basah. Jika terdapat bagian luka yang kehitaman atau kering, pakailah salep untuk membuatnya tetap lembap dan cepat sembuh.

Jika luka hanya menandakan kemerahan dan sudah cukup lembap, tutuplah menggunakan plester yang sesuai dengan ukuran lukamu.
Ganti plester luka setiap mandi atau ketika basah maupun kotor. Bersihkan lukamu sebelum memakai plester yang baru. (dream.co.id/f)
Penulis
: Redaksi