"Kalengers" Catat Transaksi Rp 150 Juta dari Pameran Produk UMKM


132 view
ANTARA/HO-Kalengers
Dewan Pembina Kalengers, Hj Lily, saat memberikan sambutan dalam acara bazar dan pasar murah di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.
Jakarta (SIB)
Sebuah komunitas bernama Kalengers membukukan transaksi Rp 150 juta lewat bazar murah yang memamerkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bazar dan [asar murah produk UMKM itu digelar di Gedung Pandansari, Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.

"Kegiatan ini berhasil menyelesaikan transaksi Rp150 juta. Kegiatan tersebut digelar oleh komunitas netizen Kalengers untuk membantu UMKM," kata panitia penyelenggara, Lily di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, mengingat situasi pandemi, panitia menjalankan protokol Covid-19 dengan ketat. Setiap pengunjung yang hadir diwajibkan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bisnis ini dilaksanakan dengan semangat sosial. Para peserta dan pengunjung tidak dipungut bayaran ketika mengikuti kegiatan tersebut.

"Salah satu kegiatan positif dalam membantu masyarakat mengatasi permasalahan ekonomi akibat dampak Covid-19 ialah membuat agenda bazar untuk menampung seluruh pengusaha UMKM yang merupakan anggota komunitas Kalengers," kata Lily.

Melalui kegiatan ini, harap Lily, bisa membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan daya saing dalam kondisi perekonomian yang sulit saat ini. "Kemandirian adalah salah satu kunci kesuksesan, membuat orang lain bisa berdiri di atas kakinya sendiri adalah sebuah keberkahan," ujar Lily.

Acara bazar ini diikuti oleh 70 pengusaha UMKM dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Setelah kegiatan perdana ini Komunitas Kalengers akan mengadakan bazar dan pasar murah sejenis di beberapa kota di Indonesia untuk membantu pengusaha UMKM. "Insya Allah anggota Kalengers akan menjadi pribadi mandiri dan mampu memberikan kontribusi terbaik bagi keluarga, bangsa dan negara," katanya. (Tempo.co/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com