2 Pencuri 50 TBS Dituntut 2 Tahun Penjara


179 view
2 Pencuri 50 TBS Dituntut 2 Tahun Penjara
Internet
Ilustrasi Persidangan
Simalungun (SIB)
A (32) warga Huta III Banjar Nagori Talun Saragih Kecamatan Bosar Maligas dan S (51) warga yang sama, terbukti mencuri 50 tandan buah kelapa sawit milik PTPN IV masing-masing dituntut 2 tahun penjara di sidang online Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (22/2).

Pencurian itu dilakukan para terdakwa Jumat, 20 November 2020 pukul 17.30 Wib di Afdeling VIII Blok 05 AF Kebun PTPN IV Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas Simalungun.

Setelah kompromi dengan teman-teman terdakwa yang sudah melarikan diri yakni WS, P, M dan A (DPO) masuk ke areal perkebunan dan melakukan pencurian dengan cara mengegrek tandan buah kelapa sawit sebanyak 50 tandan.

Kemudian dengan menggunakan sepeda motor masing-masing, kedua terdakwa dan lainnya mengangkut kelapa sawit tersebut. Kedua terdakwa ditangkap petugas security kebun sedangkan empat lainnya berhasil melarikan diri.

Perbuatan para terdakwa dijerat melanggar pasal 107 huruf d UURI No 39 tahun 2014 tentang Perkebunan jo pasal.55 ayat (1) ke 1 KUH Pidana.

Atas tuntutan jaksa Ade Jaya Ismanto SH, para terdakwa memohon keringanan hukuman dengan alasan sangat menyesal dan tidak mengulangi perbuatannya.

Untuk mendengar putusan majelis hakim diketuai DR Nurnaningsih SHMH dibantu panitera Dedy Tambunan SH, sidang ditutup dan dibuka kembali pada Senin (1/3). (S03/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com