Sabtu, 20 Juli 2024

Aksinya Terekam CCTV, Dua Maling Tas Dibekuk Polisi

Redaksi - Kamis, 25 Mei 2023 17:25 WIB
488 view
Aksinya Terekam CCTV, Dua Maling Tas Dibekuk Polisi
Foto: Dok/Humas Polres Pematangsiantar
Amankan: Kanit Reskrim Polsek Siantar Barat, Ipda Darwin Siregar (kemeja putih) bersama anggota saat mengamankan kedua pelaku pencurian inisial R dan RD dari lokasi berbeda di Kota Pematangsiantar, Rabu (24/5/2023). 
Pematangsiantar (harianSIB.com)

Aksinya terekam CCTV di toko besi, dua maling tas berisi uang dibekuk polisi dari lokasi berbeda di Pematangsiantar, Rabu (24/5/2023).

Informasi diperoleh, kedua pria yakni inisial R warga Kecamatan Siantar Timur dan RD tinggal di Kecamatan Siantar Utara. Ke duanya diringkus petugas Reskrim Polsek Siantar Barat.

Keduanya ditangkap setelah melancarkan pencurian tas berisikan uang tunai sebesar Rp 3.400.000 beserta sejumlah ATM, STNK sepeda motor dan mobil milik pekerja di toko besi Niaga Maju di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat.

"Keduanya kita tangkap setelah korban merupakan pekerja di toko besi, Iyan Nursanto (25) melaporkan kejadian itu ke Polsek Siantar Barat, Selasa (11/4/2023)," ujar Kasi Humas Polres Pematangsiantar AKP Rusdi, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kamis (25/5/2023).

Dikatakan Rusdi, dari laporan korban dan keterangan beberapa saksi serta hasil rekaman CCTV di toko besi tempatnya kerja, didapati dua orang pria yang mengenakan kaus.

"Dari hasil penyelidikan dan keterangan saksi-saksi, petugas kita memperoleh ciri-ciri kedua pelaku dan selanjutnya dilakukan pengejaran," kata Rusdi.

Ia menjelaskan, dari hasil penyelidikan yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Siantar Barat, Ipda Darwin Siregar bersama anggota, salah satu pelaku inisial R pertama kali diamankan di kediamannya di Jalan Pane, Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Rabu (24/5/2023) pagi sekira pukul 10.00 WIB.

Kata dia menerangkan, saat R diamankan dan hasil interogasi kepada petugas, mengakui melancarkan pencurian tas berisikan uang di toko besi bersama temannya inisial RD yang tinggal di Kecamatan Siantar Utara.[br]



Tanpa membuang waktu, petugas bergerak melakukan pengejaran dan menangkap RD di pinggir Jalan Pdt Justin Sihombing, Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, Rabu (24/5/2023) sore sekira pukul 15.30 WIB.

"Pengakuan RD kepada polisi benar melancarkan pencurian tas di toko besi dengan temannya R. Keduanya sudah kita boyong ke Polsek Siantar Barat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," tukasnya.

Sesuai informasi sebelum kejadian itu, awalnya korban, Iyan Nursanto hendak mengambil bekal nasi yang sebelumnya dimasukkan di dalam tas sandang miliknya tergantung di pintu tengah toko besi Niaga Maju di Jalan Imam Bonjol, Selasa (14/4/2023) siang.

Namun, ia tidak melihat lagi tas sandang miliknya tergantung di pintu tengah toko. Ia pun kemudian menanyakan kepada teman kerjanya, tetapi tidak ada satu pun mengetahui keberadaan tas tersebut.

Mengetahui itu, korban bersama rekan kerjanya mengecek CCTV di toko besi dan dari hasil rekaman tersebut, diketahui hilangnya tas sandang miliknya, akibat diambil dua orang laki-laki.
Aksi kedua pelaku masuk ke dalam toko melalui pintu belakang yang saat itu tidak terkunci dan kemudian pelaku mengambil satu buah tas sandang, sementara teman pelaku yang memakai kaus putih berjaga di pintu belakang. Setelah kedua pelaku berhasil mengambil tas sandang milik korban, keduanya langsung kabur dari lokasi. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 3 juta lebih. (*)



Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ancam Keselamatan, Masyarakat Minta Jalan yang Dikeruk Supaya Ditambal
PPDB di 14 UPTD SMP Negeri se-Kota Pematangsiantar Dilakukan Online
DPRD SU Desak BPJT dan PT Jasa Marga Fungsikan Jalan Tol Tebingtinggi - Pematangsiantar
Perumda Tirtauli Pematangsiantar Umumkan Distribusi Air Bersih di Wilayahnya Terganggu
Soal Video Viral Sempat Resahkan Masyarakat, Ini Klarifikasi Polres Pematangsiantar
Diduga Hendak Tawuran, Polsek Siantar Timur Amankan 3 Remaja
komentar
beritaTerbaru