Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Batang Kayu ke Malaysia


176 view
Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Batang Kayu ke Malaysia
Foto: Istimewa
Bea Cukai Riau Gagalkan Penyelundupan Ribuan Kayu ke Malaysia
Pekanbaru (SIB)
Kanwil Ditjen Bea Cukai Wilayah Riau mengagalkan penyelundupan lima ribu batang kayu jenis Teki tujuan Malaysia. Ribuan batang kayu itu digagalkan karena tidak memiliki izin kepabeaan.

Operasi penindakan dilakukan patroli laut kantor wilayah Ditjen Bea Cukai Riau pada 4 Februari. Penyelundupan kayu jenis Teki diduga diangkut ke luar negeri dengan KM Berkat Meranti.

"Penangkapan dilakukan di perairan Selat Panjang, Meranti pukul 03.00 WIB," kata Kabid Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea Cukai Wilayah Riau, Agung Saptono kepada wartawan, Selasa (9/2).

Dikatakan Agung, penangkapan dilakukan menggunakan kapal BC 8001 di perairan Selat Panjang. Ada 5.700 batang kayu Teki diangkut dengan kapal motor tersebut.

Penangkapan setelah tim patroli Bea Cukai melihat adanya kapal melintas dan sangat mencurigakan. Saat diperiksa, kapal motor itu ternyata membawa kayu dilindungi.

"Kapal itu membawa kayu Teki sejumlah 5.700 batang. Modus kayu akan dibawa menuju Batu Lahat, Malaysia dan tidak menggunakan pemberitahuan pabean," katanya.

Ada dua tersangka ditangkap yang kini telah diamankan di kantor Bea Cukai TMP Bengkalis. Keduanya adalah warga Selat Panjang berinisial K dan KT.

"Barang bukti dan kedua tersangka saat ini diamankan di TMP Bengkalis. Selanjutnya akan diproses untuk naik ke persidangan," kata Agung.

Selain menangkap tersangka dan ribuan kayu Teki, petugas juga mengamankan 4 lembar pasport. Termasuk satu bendera Malaysia di kapal tersebut. (detikcom/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com