Gegara Sengketa Tanah, Ketua RT Bacok Pria Hingga Tewas


104 view
Afzal Nur Iman/detikcom
Ketua RT di Bekasi membacok pria hingga tewas.
Bekasi (SIB)
Seorang pria yang menjabat ketua RT di Kelurahan Jatiraden, Pondok Gede, Kota Bekasi, membacok seorang pria hingga tewas. Pelaku, Ahmad Sulaeman (43), membacok korban, Misun (55), gegara sengketa tanah.

Kapolsek Pondok Gede Kompol Jimmy Marthin Simanjuntak menjelaskan korban adalah seorang makelar tanah. Saat itu pelaku mendengar korban sedang mengukur tanahnya.

"Motifnya adalah masalah tanah. Jadi tanah si pelaku ini sedang diukur (oleh pelaku). Pelaku dan korban mereka beda kelurahan, tapi masalahnya sudah sering terjadi karena memang si korban ini pekerjaan sampingan suka mengukur dan menjual tanah," kata Kapolsek Pondok Gede Kompol Jimmy Marthin Simanjuntak di Polsek Pondok Gede, Bekasi, Jumat (20/11).

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (18/11). Saat itu dia, yang sedang membagikan sembako, mendengar pelaku hendak mengukur sebidang tanah milik perusahaan swasta.

Mendengar hal itu, pelaku menemui korban sambil membawa sebilah golok. Korban dan pelaku sempat cekcok mulut.

"Pelaku langsung pergi ke lokasi dan langsung membacok si korban di punggung, kepala sebanyak lima kali," katanya.

Pelaku mengaku sering cekcok dengan korban soal permasalahan tanah. Sebelum kejadian, pelaku sudah meminta korban bubar dan meninggalkan lokasi.

"Dia (pelaku) menerima telepon bahwa tanahnya sedang sedang diukur-ukur oleh si korban. Dia langsung berangkat meninggalkan tempat ke lokasi, dan setelah di tempat lokasi, terjadilah percekcokan," kata Jimmy.

Setelah kejadian itu, pelaku menyerahkan diri ke polisi. Pelaku kini ditahan di Polsek Pondok Gede.

Pelaku diancam Pasal 338 KUHPidana dan 351 ayat 3 KUHPidana, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara atas pembunuhan dan penganiayaan yang mengakibatkan meninggalnya korban. (dtc/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com