Gudang Arsip Dinas Dukcapil Labusel Dibobol Maling, Puluhan Ribu Berkas Raib


213 view
Gudang Arsip Dinas Dukcapil Labusel Dibobol Maling, Puluhan Ribu Berkas Raib
Internet
Foto: Ilustrasi
Kotapinang (SIB)
Gudang arsip Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemkab Labusel di Komplek Perumahan Pulo Mas, Desa Sosopan, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labusel, dibobol maling.

Dalam peristiwa itu diperkirakan 25 ribu dokumen arsip pencatatan sipil yang terdiri dari Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, dan Putusan Pengadilan, yang tersimpan di gudang tersebut raib digondol pelaku.

Informasi yang dihimpun wartawan, Jumat (27/11) menyebutkan, pembongkaran gudang arsip tersebut diketahui, Kamis (26/11) sekira pukul 13.00 WIB. Saat itu seorang pegawai Dinas Dukcapil Pemkab Labusel hendak mengambil dokumen ke gudang tersebut.

Setiba di lokasi tersebut, kondisi di dalam gudang terlihat berantakan. Setelah dicek, pintu bagian belakang gudang rusak.

Anehnya, pada pintu tersebut terdapat anak kunci dan pelaku hanya mengambil kertas arsip saja, sedangkan map arsip tersebut tidak dibawa. Peristiwa itu disampaikan kepada atasannya yang kemudian dilaporkan ke Polsekta Kotapinang. Hari itu juga personel Polsekta Kotapinang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kapolsekta Kotapinang, Kompol Semeon Sembiring yang dikonfirmasi, Jumat (27/11), belum bersedia memberikan keterangan. "Nanti saja ya, saya sedang rapat di Polres," katanya.

Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Labusel, Lahamid Nasution yang dikonfirmasi mengatakan, peristiwa itu sudah dilaporkan secara lisan ke Polsekta Kotapinang. Rencananya dilaporkan secara resmi.

"Nggak tahu kapan persisnya gudang tersebut dibobol. Terakhir kali gudang itu diperiksa sebulan lalu. Belum tahu apa motifnya, karena yang diambil hanya arsip dokumen saja. Rencananya saya ketemu dengan Kapolsek," katanya. (L06/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com