Kantor Kesbangpol Tanjungbalai Dibobol Maling

* 2 Set Komputer Raib, Seorang Tersangka Tertangkap

306 view
Kantor Kesbangpol Tanjungbalai Dibobol Maling
Foto: SIB/Usni Pili Panjaitan
CURAT: Pelaku pembobol Kantor Kesbangpol Tanjungbalai beserta barang curian, diperlihatkan kepada wartawan, Jumat (5/3) di Mapolsek Datuk Bandar.
Tanjungbalai (SIB)
Kantor Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tanjungbalai dibobol maling, dua set komputer raib.

Terungkapnya pembobolan Kantor Kesbangpol Tanjungbalai, berawal dari laporan Aulia Ikram Pulungan (34) selaku Kepala Bidang Politik di Kantor Kesbangpol, Senin (1/3) ke Polsek Datuk Bandar.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kapolsek Datuk Bandar Iptu Rekman Sinaga memerintahkan jajarannya menyelidiki laporan kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) di Kantor Kesbangpol.

Bermodalkan keterangan pelapor dan saksi-saksi serta rekaman CCTV Kantor Kesbangpol, diketahui dua set komputer yang hilang ternyata dicuri maling.

Pembobolan Kantor Kesbangpol terjadi, Sabtu (27/2) sekira pukul 11.00 WIB. Hal itu diketahui dari rekaman CCTV terlihat dua lelaki diduga tersangka mengendarai becak motor (Betor) memasuki halaman kantor.

Sesaat kemudian, kedua tersangka keluar dari Kantor Kesbangpol dengan membawa karung goni dan kardus berisi barang diduga hasil curian. Terungkapnya kasus tersebut, saat pelapor dan pegawai kantor masuk kerja, Senin (1/3) sekira pukul 08.00 WIB.

Pelapor bersama pegawai lainnya terkejut melihat dua set komputer hilang dari atas meja kerja. "Biasanya komputer itu berada di meja salah satu ruangan kantor, tapi saat pelapor memasuki ruangan tersebut dua set komputer hilang," ujar Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira melalui Kapolsek Datuk Bandar Iptu Rekman Sinaga kepada SIB, Jumat (5/3).

"Lebih terkejutnya lagi, pelapor dan pegawai lainnya menemukan kondisi pentilasi jendela belakang kantor rusak. Setelah diperiksa rekaman CCTV, diketahui ada dua orang diduga tersangka masuk menggunakan betor dalam kondisi tanpa muatan. Setelah keluar dari kantor Kesbangpol, betor yang dibawa tersangka telah bermuatan karung goni dan kardus," sambung Sinaga.

Identitas tersangka terungkap dari rekaman CCTV dan keterangan masyarakat. Rabu (3/3) sekira pukul 09.30 WIB, personel Reskrim Polsek Datuk Bandar melihat seorang tersangka berinisial HT berada di dalam warung nasi, di Jalan Sudirman Km3,5 Kota Tanjungbalai dan langsung mengamankannya.

Saat diinterogasi, HT (34), warga Jalan Husni Thamrin Lingkungan III Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar, mengakui perbuatannya. Barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka, dua unit CPU komputer, dua monitor LCD komputer merek Acer, dua keyboard komputer, satu printer Epson L360, satu betor barang sebagai sarana angkut hasil curian dan sepasang sepatu bot serta ransel.

Tersangka terancam melanggar Pasal 363 Ayat 1 ke 3e dan 5e Subsidair Pasal 362 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. "Tersangka ada dua orang, seorang berinisial HT sudah tertangkap, seorang rekan tersangka dalam pengejaran," tegas Sinaga. (E9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com