Polres Asahan Rilis 3 Kasus Cabul Anak di Bawah Umur


163 view
(FotoSIB/Mangihut Simamora)
RILIS : Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto di dampingi Kasat Reskrim, Kasubag Humas dan Awaluddin ketika merilis 3 kasus cabul dalam konfers di Mapolres Asahan, Rabu (17/2).
Kisaran (SIB)
Polres Asahan merilis 3 kasus cabul yang melibatkan anak di bawah umur dalam konferensi pers (konfers) di halaman belakang Mapolres Asahan, Rabu (17/2) sore.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Rahmadani SH MH, Kasubag Humas dan Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Awaluddin, mengungkapkan 3 kasus tersebut terjadi di Kecamatan Bandar Pasir (BP) Mandoge, Silau Laut dan Air Joman.

Lanjutnya, kasus cabul di Kecamatan BP Mandoge pelakunya berinisial SS (61) yang mencabuli anak kandungnya sendiri. Di Silau Laut pelaku adalah AS (18) berprofesi sebagai guru dan mencabuli muridnya dan di Air Joman pelaku berinisial Sy (49), mencabuli anak tirinya.

“SS, AS dan Sy dijerat pasal 82 ayat (1) Jo Pasal 76 E dari UU RI Tahun 2014 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar. Untuk SS hukuman ditambah sepertiga dari ancaman pidana karena pelakunya adalah orangtua kandung ,” ujarnnya.

Pada kesempatan ini, Nugroho menyampaikan berdasarkan kasus-kasus cabul yang terjadi pelakunya rata-rata adalah orang terdekat korban. Hal ini menunjukkan perlunya perhatian semua pihak agar kejadian itu tidak terulang lagi. Ia menduga peristiwa yang terjadi akibat ketidakpekaan masyarakat terhadap orang dan lingkungan sekitar.

Nugroho berharap agar kejadian-kejadian memalukan ini tidak terulang lagi. Karenanya diperlukan peranan KPAD Asahan yang baru terbentuk gencar melakukan sosialisasi maupun edukasi mengenai pentingnya perlindungan perempuan dan anak.

Awaluddin yang diberi kesempatan berbicara menyampaikan apresiasi kepada Polres Asahan yang tanggap menindaklanjuti laporan keluarga korban pencabulan. Dia mengatakan, pihaknya akan mengawal kasus ini hingga tuntas di persidangan.
“Melihat perbuatan biadab ketiganya, kita minta supaya diberi hukuman yang berat,” katanya.(A02/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com