Polrestabes Medan Bekuk 2 Tersangka Pelaku Perdagangan Kulit Harimau


358 view
Polrestabes Medan Bekuk 2 Tersangka Pelaku Perdagangan Kulit Harimau
Foto SIB/Roy Damanik
KULIT HARIMAU: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy John S Marbun didampingi Kasat Reskrim Kompol Jama Kita Purba menunjukkan barang bukti kulit harimau, di Mapolrestabes, Selasa (20/2/2024).

Medan (harianSIB.com)

Sat Reskrim Polrestabes Medan berhasil membekuk 2 tersangka pelaku perdagangan kulit harimau dengan cara undercover buy.

Keduanya masing-masing berinisial RP (30) dan RR (41) dibekuk saat hendak bertransaksi dengan petugas yang menyamar sebagai pembeli.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy John S Marbun didampingi Kasat Reskrim Kompol Jama Kita Purba dalam keterangan persnya di Mapolrestabes, Selasa (20/2/2024) mengatakan pengungkapan perdagangan kulit harimau ini berawal adanya informasi dari masyarakat yang mengetahui ada 2 orang yang hendak menjual kulit harimau.

"Mendapat informasi tersebut, tim yang melakukan penyamaran sebagai pembeli langsung menemui kedua pelaku di sebuah penginapan. Saat hendak bertransaksi, keduanya langsung diamankan berikut kulit harimau. Setelah itu pelaku digelandang ke Mapolrestabes Medan berikut barang bukti guna kepentingan penyelidikan," ujarnya.

Dari pengakuan kedua tersangka sambung Kapolrestabes, kulit harimau tersebut didapat dari harimau yang terkena jerat babi hutan di ladang kawasan Desa Ujung Deleng Kelurahan Ujung Deleng, Kecamatan Kuta Buluh, Karo.

"Rencananya kulit harimau itu akan dijual seharga Rp 15 juta. Kedua pelaku mengaku baru pertama kali menjual kulit harimau," katanya sembari menambahkan kedua tersangka pelaku dijerat dengan Pasal 40 Ayat (2) Jo Pasal 21 Ayat (2) Undang-Undang (UU) RI Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo Pasal 55, Pasal 56 KUHPidana.

Sementara itu Staf Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BBKSDA Sumut, Fitri Noor Ch S Hut memastikan bahwa kulit satwa yang diamankan merupakan kulit harimau Sumatera (Panthera tigris) berjenis kelamin betina. "Harimau itu diperkirakan masih remaja atau berusia sekitar 3 tahun," ungkapnya. (**)

Penulis
: Koran SIB Roy Damanik
Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com