Pulang dari Malaysia, 111 TKI Ilegal dan 4 Balita Diamankan TNI AL


151 view
(Dok.TNI AL)
Kepergok lewat jalur tikus, TNI AL Amankan 115 TKI Ilegal dari Malaysia 
Belawan (SIB)
Petugas Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) jajaran Lantamal I, mengamankan KM Sinar Utama bermuatan 111 TKI ilegal dan 4 balita asal Malaysia, Sabtu (13/3).

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, para pekerja ilegal yang diamankan tersebut, terdiri dari 80 laki-laki, 31 perempuan dan 4 balita.

Kapal motor berikut nahkoda dan para penumpangnya diamankan petugas TNI AL, saat dalam pelayaran pulang dari Malaysia menuju Indonesia dari kawasan perairan Pulau Jemur.

Disebutkan, guna pengusutan lanjut, 3 ABK KM Sinar Utama diboyong ke Lanal TBA, sedangkan para TKI diserahkan kepada pihak Imigrasi, dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, melalui siaran persnya yang diterima wartawan dari Dispen Koarmada I, Minggu (14/3), Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Abdul Rasyid SE MM mengatakan, TNI AL secara rutin melaksanakan patroli, terutama pada kawasan yang disinyalir menjadi jalur-jalur masuk tidak resmi kapal motor tertentu bermuatan berbagai jenis barang ilegal dari luar negeri maupun narkoba serta penyelundupan pekerja migran ilegal yang terjadi di wilayah kerja Koarmada I.

Pangkoarnada I juga mengatakan, sesuai arahan pimpinan TNI AL yakni Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono SE MM, TNI AL juga berperan aktif dalam membantu pemerintah guna melaksanakan percepatan penanganan Covid-19 terutama pada wilayah yang disinyalir masih terdapat penyelundupan TKI Ilegal melalui jalur laut.(A9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com