Sebar Postingan Hoax Kebakaran di Medsos, Seorang IRT Diamankan Polisi


280 view
Sebar Postingan Hoax Kebakaran di Medsos, Seorang IRT Diamankan Polisi
Foto Dok
Penyebar Postingan video Youtube ‘Simpang Kerang Jalan Sumber Jaya Pematang Siantar’
Pematangsiantar (SIB)
Penyebar postingan informasi bohong (hoax) kebakaran di media sosial (Medsos), ibu rumah tangga (IRT) inisial R (26) warga Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun diamankan polisi di Jalan Musyawarah, Kecamatan Siantar Utara, Selasa (20/10) sore.

IRT yang mengenakan kaus putih diboyong ke Polres Pematangsiantar." Sudah kita amankan dan telah diperiksa petugas terkait postingan video Youtube kebakaran di akun facebooknya," ujar Kasubbag Humas Polres Pematangsiantar Iptu Rusdi kepada wartawan, Selasa (20/10).

Kata Rusdi, setelah dicek video Youtube yang diposting inisial R di facebooknya, ternyata kebakaran itu tahun 2017. "Kita tadi sudah heboh bersama petugas saat tiba di lokasi informasi kebakaran di Simpang Kerang Jalan Medan dan tidak ada. Ternyata postingan R di media sosial itu baru diakuinya terjadi tahun 2017," ujarnya.

Atas perbuatannya itu, pihaknya telah membuat surat pernyataan kepada yang bersangkutan untuk berjanji tidak akan mengulanginya serta memohon maaf kepada masyarakat Kota Pematang-siantar." Uda kita buat tadi surat pernyataan agar kesalahan serupa tidak diulangi lagi lengkap pakai materai," terang Rusdi.

Sementara R saat dimintai tanggapan di ruangan Humas Polres Pematangsiantar, Selasa (20/10), mengakui khilaf telah memposting video Youtube kebakaran di Simpang Kerang Jalan Medan Pematangsiantar. "Aku tadi buka akun facebook bang, terus aku share langsung video Youtube kebakaran itu. Tak taunya kejadian itu tahun 2017 lalu ternyata," ucap ibu dua anak ini tertunduk.

Atas postingannya itu, dia menyampaikan permohonan maaf bagi masyarakat Kota Pematangsiantar terkhusus petugas pemadam dan aparat kepolisian dan juga insan pers. "Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas postingan video kebakaran hoax di Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba. Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan menyebar informasi bohong," cetusnya.

Sebelumnya, petugas pemadam dan aparat kepolisian heboh akibat postingan kebakaran di Simpang Kerang Jalan Medan di akun facebook inisial R. Ternyata setelah tiba di lokasi Simpang Kerang Jalan Medan, Selasa (20/10), sekira pukul 10.30 WIB, kebakaran itu tidak ada (hoax). (S10/d)
Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com