Tekab Polsek Sunggal Bekuk 2 Bandar Narkoba, 3 Kg Sabu Disita


300 view
SIB/Roy
BANDAR NARKOBA: Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko didampingi Kapolsek Sunggal Kompol Yasir merilis kasus tangkapan 2 bandar narkoba dengan inisial YMN dan MZ dengan barang bukti 3 Kg sabu, di Mapolsek, Jumat (10/7).
Medan (SIB)
Tekab Polsek Sunggal membekuk 2 bandar narkoba berinisial YMN (31) warga Jalan Selamat Ujung Medan dan MZ (33), warga Jalan Ismaliyah Medan. Dari tangan tersangka disita barang bukti 3 Kg sabu.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko didampingi Kapolsek Kompol Yasir dalam keterangan persnya di Mapolsek, Jumat (10/7) sore mengatakan, penangkapan terhadap para tersangka berawal saat petugas menerima informasi dari masyarakat akan ada seseorang yang akan membawa narkoba melintas di Jalan Ringroad/Simpang Asoka, Kecamatan Medan Sunggal.

"Dengan adanya informasi tersebut, Kamis (9/7) sekira pukul 20.30 WIB Tekab melakukan penyelidikan di lokasi. Petugaspun melihat 2 pria berboncengan dengan sepedamotor Yamaha NMAX warna Hitam BK 6252 AIR yang ciri-cirinya sesuai dengan informasi masyarakat," ujarnya.

Petugas sambungnya, melakukan pembuntutan. Tidak lama, petugas langsung menyetop 2 pria itu lalu mengamankannya. Tekab kemudian melakukan penggeledahan. Hasilnya dari tas ransel milik tersangka ditemukan 3 bungkus merek teh China wama hijau berisi sabu seberat 3 Kg. Para tersangka berikut barang bukti kemudian diboyong ke Mako guna diperiksa intensif.

"Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari pengembangan atas hasil tangkapan sebelumnya yang dilakukan oleh Satres Narkoba Polrestabes Medan, beberapa waktu lalu. Hampir satu setengah bulan saya menjabat, telah dilakukan penindakan terhadap peredaran narkoba hampir 42 Kg. Kota Medan merupakan pasar yang besar bagi bandar narkoba sehingga kita imbau kepada generasi muda agar jangan menjadi korban dari peredaran gelap narkoba," imbaunya.

Lanjut orang nomor 1 di Polrestabes Medan itu, setelah dianalisa untuk 1 gram sabu bisa digunakan oleh 10 orang korban. Sedangkan 3 Kg= 3000 gram x 10 orang= 30.000 orang korban. Harga 1 gram= harga Rp 1 juta. Sementara 3 Kg= 3000 gram x 1 juta= 3 miliar.

"Para tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) Subs Pasal 112 Ayat (2) Subs 132 Ayat (1) Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun," tegasnya mengakhiri. (M16/p)

Penulis
: redaksisib
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com