Terbukti Lakukan Pencemaran Nama Baik, 2 Youtuber Divonis Masing-masing 8 Bulan Penjara


201 view
Internet
Ilustrasi 
Medan (SIB)
Dinilai terbukti melakukan pencemaran nama baik terhadap anggota polisi melalui video Youtube, Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hasibuan dijatuhi hukumanan 8 bulan penjara di Ruang Cakra IV, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (12/4).

"Mengadili, dengan ini majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada masing-masing terdakwa dengan hukumanan 8 bulan penjara," ucap Ketua Majelis Hakim Ahmad Sumardi.

Dalam amar putusan hakim, perbuatan kedua terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 45 ayat 3 dari UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Sedangkan dalam pertimbangan, hal yang memberatkan, perbuatan para terdakwa menimbulkan rasa malu bagi diri saksi korban dan para terdakwa tidak mengakui perbuatannya.

"Hal yang meringankan, kedua terdakwa sopan dalam persidangan dan belum pernah dihukum," jelas Hakim
Diketahui, putusan Majelis Hakim sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Naibaho.

Namun, atas putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum maupun kedua terdakwa masih menyatakan pikir-pikir, apakah menerima putusan hakim atau mengajukan banding.

Mengutip surat dakwaan Jaksa sebelumnya mengatakan, bahwa kasus ini bermula saat Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hsb berkeliling melihat aktivitas di seputaran Samsat Putri Hijau Medan. Lalu terdakwa mengecek salah satu mobil yang parkir di halaman Samsat.

Setelah mengecek, kedua terdakwa menemukan beberapa kendaraan yang menunggak pajak dan ada beberapa kendaraan tidak ditemukan datanya dan ada juga beberapa kendaraan yang diduga bodong.

Kedua terdakwa langsung live di media sosial youtube dengan berkeliling ke samping, depan dan kebelakang kantor Samsat Putri Hijau Medan dan pada saat live youtube tersebut, terdakwa Joniar dan Benni ada menyebutkan beberapa kendaraan dan plat polisi mobil yang pakir di belakang. Terdakwa Benni mengatakan masih banyak oknum yang menggunakan kendaraan bodong. (A17/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com