Wanita Suku Uaupes yang Ingin Menikah Harus Diarak dan Dipukuli


215 view
@Scoopwhoop.com
Tradisi Menses.
Umumnya, pernikahan adalah hal yang paling ditunggu oleh wanita. Bahkan pernikahan merupakan hal yang membahagiakan bagi kaum wanita. Namun, berbeda dengan suku Uaupes di Brasil. Di Brasil, ada tradisi yang cukup mengerikan untuk wanita yang dianggap layak menikah. Para wanita suku Uaupes harus rela dipukuli dan diarak keliling kampung.

Dilansir dari scoopwhoop.com, tradisi ini dinamai dengan tradisi Menses. Para Wanita suku Uaupes harus dipukuli dan diarak hingga pingsan. Jika wanita itu bangun dan tetap sadar, maka ia dianggap feminim. Dengan begitu, mereka dianggap sudah layak dan siap untuk menikah.

Kejamnya lagi, mereka diarak keliling kampung tanpa selembar benang sedikitpun alias telanjang. Ini menjadi tradisi pubertas paling mengerikan di dunia. Selain diarak telanjang, kadang para wanita yang akan dinikahkan akan dipakaikan baju adat yang menutupi beberapa anggota tubuh saja.

Suku ini juga melakukan beberapa upacara pubertas yang sangat kejam, yakni setelah menstruasi pertama. Wanita akan diasingkan selama beberapa bulan keluar desa. Setelah dianggap sudah waktunya menikah, mereka akan menjalani tradisi Menses ini.

Bersyukur kita hidup di Indonesia dengan beragam budaya namun tetap sesuai norma kemanusiaan. (diadona/a)