Irak Hukum Gantung 7 Pria Arab Anggota Al-Qaeda


298 view
Baghdad (SIB)- Otoritas Irak menghukum mati tujuh pria Arab yang dinyatakan sebagai anggota jaringan teroris Al-Qaeda. Ketujuh orang tersebut telah ditahan lebih dari empat tahun lalu dan dinyatakan bersalah atas aktivitas teroris dengan Al-Qaeda. "Hukuman mati dengan digantung telah dilakukan pada Rabu (31/8) terhadap tujuh teroris asal Mesir, Tunisia, Libya, Sudan, Palestina, Suriah dan Yordania di penjara Nasiriyah," tutur Dakhel Radhi seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (1/9).

Radhi merupakan anggota dewan provinsi Dhiqar, provinsi di Irak selatan dengan Nasiriyah sebagai ibukotanya. Seorang petugas di bagian administrasi penjara Nasiriyah mengkonfirmasi bahwa ketujuh orang yang dihukum mati itu telah mendekam di penjara selama lebih dari empat tahun. Namun dia mengaku tak bisa memberikan penjelasan lebih rinci.

Dikatakannya, sekitar 60 tahanan dari Yaman, Arab Saudi, Suriah, Mesir, Libya dan Aljazair saat ini masih ditahan di penjara Nasiriyah atas dakwaan yang sama. Tidak diketahui berapa banyak dari 60 orang tersebut yang telah divonis mati. Sebelumnya pada 21 Agustus lalu, otoritas Irak menghukum gantung 36 terdakwa pembantaian sekitar 1.700 orang oleh militan ISIS pada tahun 2014. (AFP/detikcom/f)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com