Kota Changwondi Korsel Beri Hadiah Rp 1,2 Miliar untuk Pasutri yang Punya 3 Anak


273 view
Kota Changwondi Korsel Beri Hadiah Rp 1,2 Miliar untuk Pasutri yang Punya 3 Anak
Istimewa/brandithompsonhpotograph
Ilustrasi bayi kembar tiga    
Changwon (SIB)
Satu kota di Korea Selatan menawarkan hadiah 100 juta won (Rp 12 miliar) untuk pasangan yang memiliki setidaknya tiga anak. Jaringan media di Korea Selatan, KNN, melaporkan bahwa Kota Changwon, Provinsi Gyeongsang Selatan, menawarkan hadiah tersebut untuk mengurangi masalah penurunan populasi.

Awalnya, pemerintah kota Changwon akan memberikan pinjaman sebesar 100 juta won (Rp 12 miliar) semua pasangan yang menikah dan tinggal di kota itu. Jika pasangan suami istri ( pasutri) tersebut melahirkan satu anak, maka pemerintah Changwon akan membebaskan bunga pinjaman itu.

Selanjutnya, jika pasutri itu memiliki dua anak, maka pemerintah Changwon akan membebaskan 30 persen dari uang pinjaman tersebut. Artinya, pasutri hanya membayar 70 persen dari jumlah pinjaman.

Sedangkan kalau pasutri itu memiliki tiga anak, pasutri akan dibebaskan membayar pinjaman dan pinjaman tersebut menjadi hibah bagi mereka. Kim Jong-pil, seorang perwakilan dari Departemen Perencanaan Changwon, mengatakan kebijakan itu diambil ketika pernikahan yang lebih inovatif dan insentif melahirkan dibutuhkan di kota itu.

Dilansir dari United Press International, Rabu (6/1) keputusan tersebut mencerminkan kekhawatiran serupa tentang penurunan angka kelahiran di seluruh Korea Selatan.

Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korea Selatan mengatakan negara itu mencatat lebih banyak kematian daripada kelahiran pada 2020. Tahun lalu ada 275.815 kelahiran dan 307.764 kematian. Kondisi itu membuat Korea Selatan mengalami lebih banyak kematian daripada kelahiran menurut CNN. (UPI/kps/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com