Polisi India Bongkar Sayap Al-Qaeda, 3 Orang Ditangkap


308 view
New Delhi (SIB)- Kepolisian India berhasil membongkar sayap militan Al-Qaeda di wilayahnya. Sedikitnya tiga anggota militan ini, termasuk pendirinya, ditangkap dalam penggerebekan. Pembentukan Al-Qaeda in the Indian Subcontinent (AQIS) diumumkan pada September 2014. Mereka bersumpah mengibarkan bendera jihad di wilayah Asia Selatan. Otoritas India pun meningkatkan kewaspadaan. Demikian seperti seperti dilansir AFP dan Reuters, Jumat (18/12).

Disampaikan komisioner kepolisian khusus New Delhi, Arvind Deep, bahwa kepolisian masih menginterogasi tiga anggota AQIS yang berhasil ditangkap dari beberapa wilayah berbeda. "Kami membongkar sel ini sebelum mereka melakukan apapun, jadi ini pencapaian besar," tutur Deep kepada Reuters. Salah satu anggota yang ditangkap diidentifikasi sebagai Mohammed Asif (41) yang diyakini sebagai pendiri AQIS. Asif juga diyakini memimpin rekrutmen dan pelatihan sayap militan tersebut di India.

Dua tersangka lainnya tidak disebut identitasnya, namun media setempat Press Trust of India menyebut salah satu dari mereka ditangkap setelah berusaha meradikalisasi siswa madrasah di Uttar Pradesh dan satu tersangka lain ditangkap karena mendanai aktivitas AQIS. Ketiga tersangka ini masih dalam penahanan kepolisian setempat. (detikcom/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com