Presiden Meksiko Ogah Pakai Masker Sebelum dan Usai Positif


167 view
Presiden Meksiko Ogah Pakai Masker Sebelum dan Usai Positif
(AFP Photo/Ronaldo Schemidt)
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. 
Jakarta (SIB)
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pada Senin (8/2) tak akan mengenakan masker usai sembuh dari virus corona (Covid-19). Dia dilaporkan pada 24 Januari mengalami gejala ringan Covid-19 dan memutuskan tetap bekerja walau punya riwayat penyakit berat.

Reuters melaporkan Obrador dalam konferensi pers pertamanya usai positif berulang menepis pertanyaan wartawan tentang apakah dia akan memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Tidak, tidak," kata Obrador.

"Sebagai tambahan, menurut apa yang dikatakan dokter, sekarang saya tidak menulari," ucapnya lagi.
Sebelumnya dalam konferensi pers itu Obrador dikatakan selalu tak menjawab pertanyaan apakah dia akan memberi contoh bagi masyarakat dengan mengenakan masker. Dia lebih memilih melontarkan polemik tentang lawan politik yang mencoba mengagalkannya.

Tidak seperti pejabat tinggi Meksiko yang lain, Obrador menghindari memakai masker semasa pandemi. Sikapnya ini bertentangan dengan opini publik Meksiko yang beranggapan mengenakan masker berguna mengurangi penyebaran Covid-19.

Usai Obrador dinyatakan positif, berbagai kalangan mengatakan dia bisa saja tak terjangkit virus asal China itu jika menggunakan masker dan lebih menghargai menjaga jarak sosial.

Obrador sebelumnya memuji pemerintahannya yang tidak memberlakukan pembatasan lebih ketat untuk menanggulangi virus yang sudah menewaskan lebih dari 166 ribu penduduk Meksiko. (CNNI/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com