Singapura Mulai Vaksinasi Corona 30 Desember, Tenaga Medis yang Pertama


244 view
Singapura Mulai Vaksinasi Corona 30 Desember, Tenaga Medis yang Pertama
dok. BBC World
Ilustrasi 
Singapura (SIB)
Otoritas Singapura akan mulai melakukan vaksinasi virus Corona (Covid-19) di wilayahnya pada 30 Desember mendatang. Tenaga medis akan menjadi yang pertama untuk menerima suntikan vaksin Corona di negara ini.

Seperti dilansir Channel News Asia dan CNN, Senin (28/12), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam pengumuman, Minggu (27/12) waktu setempat, menyatakan pemerintah menerima rekomendasi penuh dari Komisi Pakar Vaksinasi Covid-19 soal strategi vaksinasi menyeluruh di negara tersebut.

Para pekerja layanan kesehatan akan divaksinasi pertama kali pada 30 Desember mendatang. Vaksinasi untuk tenaga medis akan diawali terhadap mereka yang bekerja di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID).

Selanjutnya, vaksinasi Corona akan dilakukan terhadap tenaga medis lain di lebih banyak institusi kesehatan dalam beberapa pekan ke depan. MOH menyatakan bahwa institusi perawatan kesehatan umum, termasuk rumah sakit acute, rumah sakit komunitas dan poliklinik, juga rumah sakit swasta, akan secara bertahap mengatur agar tenaga medis mereka divaksinasi di tempat masing-masing.

Ditambahkan MOH bahwa pemerintah Singapura menargetkan vaksinasi Corona terhadap warga lanjut usia, yang diawali dengan mereka yang berusia 70 tahun ke atas, akan dimulai pada Februari 2021.

MOH menyatakan bahwa cakupan vaksinasi komprehensif akan memastikan Singapura terlindungi dari Covid-19. Hal ini juga secara tidak langsung akan melindungi orang-orang yang tidak bisa divaksinasi karena alasan medis.

Vaksin Corona akan diberikan secara gratis untuk semua warga Singapura dan penduduk jangka panjang di negara tersebut, termasuk untuk para pemegang izin kerja jangka panjang. Diharapkan agar seluruh warga Singapura dan penduduk jangka panjang telah divaksinasi hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Pada 14 Desember lalu, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, mengumumkan bahwa otoritas terkait telah menyetujui penggunaan vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech untuk penggunaan publik. Pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba di Singapura pada 12 Desember lalu.

Komisi Pakar Vaksinasi Covid-19 menyebut, vaksin Pfizer-BioNTech menunjukkan kemanjuran tinggi sebesar 95 persen dan profil keamanannya konsisten dengan standar tinggi yang ditetapkan untuk vaksin terdaftar lainnya yang digunakan dalam imunisasi terhadap penyakit lainnya.

Sejauh ini, total 58.524 kasus Corona terkonfirmasi di Singapura, dengan 29 kematian. (Detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com