Turki Temukan 13 Mayat Tanpa Identitas dalam Operasi di Irak


122 view
Foto: AFP Photo/Bulent Kilic
Tentara Turki dalam Operasi di Irak
Istanbul (SIB)
Tentara Turki menemukan 13 mayat warga Turki dalam operasi terhadap para militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak Utara. Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menyebut 13 mayat itu awalnya diculik dan dieksekusi di sebuah gua.

Seperti dilansir, Minggu (14/2) hingga saat ini identitas 13 warga Turki belum diketahui. Menurut Akar, penculikan mereka sebelumnya tidak diumumkan karena alasan keamanan.

"Turki melancarkan operasi militer terhadap PKK di wilayah Gara Irak utara pada 10 Februari untuk mengamankan perbatasan. Kami menemukan warga yang telah diculik sebelumnya," kata Akar dalam sebuah pernyataan.

"Dalam pencarian di dalam gua, 13 mayat warga Turki ditemukan. Dalam pemeriksaan pertama ditetapkan bahwa 12 warga ditembak di kepala dan syahid dan satu ditembak di bahu dan syahid," katanya.

"Menurut informasi awal yang diberikan oleh dua teroris yang ditangkap, warga Turki itu dibunuh pada awal operasi," katanya di Pusat Kendali Operasi, dekat perbatasan Irak.

PKK belum mengeluarkan pernyataan atas kejadian tersebut.

Akar mengatakan 48 militan tewas dalam operasi itu dan wilayah tempat mereka beroperasi telah dikuasai tenara Turki. Gudang amunisi dan tempat berlindung mereka dihancurkan. Tiga tentara Turki tewas dan tiga lainnya cedera dalam operasi tersebut.

PKK, yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, melancarkan pemberontakan bersenjata di Turki Tenggara pada tahun 1984 dan lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam konflik tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, perjuangan Turki melawan PKK semakin terfokus di pegunungan Irak utara, di mana kelompok tersebut memiliki benteng pertahanan di sekitar pegunungan Qandil, di sepanjang perbatasan Iran. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com