Yakinkan Masyarakat, Sekjen PBB Siap Divaksin Corona di Depan Publik


234 view
Yakinkan Masyarakat, Sekjen PBB Siap Divaksin Corona di Depan Publik
dok. AP Photo
Antonio Guterres.
New York (SIB)
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyatakan dirinya siap menerima suntikan vaksin virus Corona (Covid-19) di depan publik. Guterres menyatakan hal itu bisa dilakukan saat gilirannya tiba untuk divaksin.

Seperti dilansir, Kamis (10/12), kesediaan itu disampaikan Guterres saat ditanya wartawan soal apakah dirinya akan menerima vaksin Corona dan apakah dia akan melakukannya secara publik di tengah kekhawatiran yang mencuat soal keamanan vaksin.

"Saya, tentu saja, berniat untuk menerima vaksin saat tersedia untuk saya dalam situasi apapun yang dibenarkan untuk itu," jawab Guterres.

"Dan jelas, saya tidak ragu melakukannya di depan publik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Guterres mendorong orang-orang untuk menerima vaksin Corona.

"Saya mendorong semua orang, saat akses ke vaksin (tersedia), untuk divaksinasi, karena ini tidak hanya membantu diri kita sendiri. Masing-masing dari kita divaksinasi memberikan bantuan kepada seluruh masyarakat karena kita tidak lagi menyebarkannya, tidak ada risiko penyebaran penyakit," cetusnya.

"Jadi, vaksinasi bagi saya menjadi kewajiban moral dalam kaitannya bagi kita semua," sebut Guterres usai menghadiri konferensi tahunan PBB-Uni Afrika.

Ditegaskan kembali oleh Guterres bahwa vaksin Corona harus tersedia secara global, bagi semua orang, di mana saja, dan khususnya, juga tersedia di kawasan Afrika.

Dia menyerukan pendekatan internasional yang berani dan terkoordinasi dalam upaya meringankan utang negara-negara Afrika, termasuk pembatalan utang jika sesuai, juga peningkatan dukungan finansial bagi negara-negara Afrika dalam menyediakan likuiditas yang diperlukan dan untuk mendanai pemulihan ekonomi.

Kebanyakan negara Afrika tidak mampu merespons krisis pandemi Corona, yang memicu penurunan permintaan dan harga komoditi ekspor mereka.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan akan senang disuntik vaksin Corona di depan kamera demi meyakinkan publik. Tedros juga memuji mantan Presiden Amerika Serikat (AS) yang bersedia divaksin di depan publik untuk membuktikan keamanan vaksin Corona.

Saat ditanya lebih lanjut apakah dirinya akan melakukan hal yang sama, Tedros menjawab: "Saya akan senang untuk melakukan hal yang sama. Saya akan senang melakukannya." (Detikcom/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com