11 Orang Korban Banjir Bandang dan Longsor di Desa Simangulampe Baktiraja Humbahas yang Hilang Belum Ditemukan


360 view
11 Orang Korban Banjir Bandang dan Longsor di Desa Simangulampe Baktiraja Humbahas yang Hilang Belum Ditemukan
(Foto: Courtesy of Kantor SAR Medan)
Kondisi permukiman warga di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, pada 2 Desember 2023, usai banjir bandang dan longsor yang menyerang sehari sebelumnya. 
Humbahas (SIB)
Hingga hari kedua pencarian terhadap 11 korban yang dilaporkan hilang akibat peristiwa banjir bandang dan longsor bebatuan di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) masih terus berlanjut, Minggu (3/12).
Selain menggunakan sejumlah alat berat, Tim SAR dari Unit Samapta Polda Sumut juga menurunkan satu ekor anjing pelacak (K9) untuk membantu mencari keberadaan para korban yang hilang. Namun hingga pukul 19.30 WIB, tim belum berhasil menemukan 1 orang pun korban dari 11 orang yang dinyatakan hilang.
"Masih dalam tahap pencarian. Sampai saat ini belum ada yang ditemukan," kata Kadis Kominfo Franz Batara Siregar, saat ditanyai SIB terkait kondisi terkini peristiwa banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe. Dia menambahkan, hingga saat ini seluruh tim yang terlibat dalam pencarian masih terus berupaya untuk mencari para korban dan mengevakuasi material bebatuan yang terbawa banjir yang menutupi sepanjang jalan Desa Simangulampe.
Lebih lanjut disampaikan, para korban selamat yang rumahnya rusak dihantam banjir bandang dan longsor sebagian besar masih berada di pos penampungan sementara di Kantor Camat Baktiraja dan gedung serbaguna HKBP Sinambela. Kepada para korban, kata dia, tetap disediakan kebutuhan pangan dan sandang sampai proses normalisasi dan rehabilitasi selesai dilakukan.
Sementara itu, Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI (Purn) Hasanuddin bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dan Kapoksahlin Kodam I/BB Brigjen David Hatigoran Hutagaol datang meninjau dan memantau secara langsung lokasi bencana, termasuk melihat proses pencarian korban. Di lokasi bencana, Pj Gubernur Sumut dan rombongan tampak berkomunikasi dan mendengarkan penjelasan dari Kepala Desa Simangulampe, Lambok Simanullang terkait awal mula terjadinya bencana.
Lambok Simanullang juga ikut menjadi korban banjir bandang. Di mana rumah tempat tinggalnya ikut dihantam banjir bandang dan rata dengan timbunan bebatuan besar. Tidak hanya itu, orang tuanya juga menjadi salah seorang korban yang dinyatakan hilang dan belum ditemukan sampai saat ini. Begitu juga dengan rumah orang tuanya, juga ikut hancur karena hantaman banjir bandang dan longsor.
Pj Gubernur Sumut Hasanuddin menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang telah bekerja di lapangan sejak awal bencana itu terjadi, termasuk mendirikan pos pengungsian, dan pencarian terhadap para korban. Ditambahkannya, fokus seluruh tim yang bekerja di lapangan saat ini adalah mencari 11 orang korban yang belum ditemukan atau yang dilaporkan hilang diterjang banjir bandang dan longsor.
"Fokus pertama akan terus mencari korban yang belum ditemukan sebanyak 11 orang dan menangani masyarakat yang terdampak banjir dan longsor ini. Alat berat juga akan terus kita tambah," kata Hasanuddin. Sementara melihat kondisi banjir bandang dan longsor yang cukup parah, Hasanuddin mengatakan, bahwa sesuai dengan permintaan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, rumah-rumah warga, sekolah dan rumah ibadah yang rusak dihantam banjir bandang akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.
Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, jumlah personil TNI/Polri yang diturunkan untuk membantu mengevakuasi dan mencari para korban bencana alam di Desa Simangulampe lebih kurang 320 personil ditambah personil BPBD, masyarakat, dinas kesehatan, dan hampir semua dinas atau OPD di Kabupaten Humbahas itu terjun ke lapangan.
Terpisah, Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Nababan usai mendampingi Pj Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Kapoksahlin Kodam I/BB dan seluruh rombongan meninjau lokasi bencana menyampaikan terimakasih atas kunjungan itu dan berharap, dengan adanya kunjungan itu, proses evakuasi dan pencarian para korban lebih cepat dilakukan.
Selain itu, kedatangan seluruh rombongan, diharapkan juga dapat memberikan penghiburan dan kekuatan kepada seluruh keluarga korban yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor itu.
Sebelumnya diberitakan, kabar duka kembali melanda Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas. Kali ini banjir bandang dan longsor meratakan sebagian besar Desa Simangumpe dengan bebatuan, Jumat (1/12), sekira pukul 21.30 WIB.
Akibat peristiwa itu, 1 orang ditemukan meninggal dunia atas nama Lian Lubis (19), warga Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, dan 11 orang dinyatakan hilang dan masih dalam tahap pencarian.
Selain menelan korban jiwa, banjir bandang dan longsor bebatuan berukuran besar bercampur lumpur itu juga merusak puluhan unit rumah warga, 1 unit rumah ibadah, 1 unit sekolah, 1 unit asrama hotel, makam, dan beberapa hektar lahan pertanian milik warga.
Nama-nama dan identitas korban yang dilaporkan hilang yang sampai saat ini masih dalam tahap pencarian yakni Sartika Simanjuntak (19) warga Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, Ceria Banjarnahor (25) warga Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas, Op. Oge (82), warga Kecamatan, Balige, Kabupaten Toba, Juni Silaban (10) warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Natan Siregar (8) warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Lasroha Manullang (40), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Op. Eva Sinambela (75), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Op. Pebri/Pintar Simanullang (70), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Desmah Sihombing (50), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Dino Silaban (6), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas dan Efa Purba (22), warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com