12 April, Puncak Perayaan Dies Natalis ke-43 STT HKBP Nommensen Pematangsiantar


363 view
Tribun Medan/Royandi Hutasoit
STT HKBP Nommensen Pematangsiantar
Pematangsiantar (SIB)
Perayaan Dies Natalis STT HKBP Pematangsiantar ke-43 tahun 2021 telah dilaunching 3 Maret 2021 lalu, mengusung tema, Aku Menyertaimu Senantiasa, (Matius 28 : 19-20), dengan rangkaian acara berupa, lomba karya tulis teologi, webinar biblika, seminar nasional, pertemuan alumni dan ibadah puncak, 12 April 2021 mendatang.

Ditemui di komplek STT HKBP Jalan Asahan Kota Pematangsiantar, Sabtu (27/3) sore. Ketua Sekolah Tinggi Teologi (STT) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pematangsiantar, Dr Hulman Sinaga mengatakan, perayaan hari lahir (Dies Natalis) memiliki makna tersendiri bagi lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.

Menurutnya, perayaan Dies Natalis bukan sekadar nostalgia bernuansa romantisme masa lalu, tetapi menggelorakan harapan ataupun prospek yang gayut (bergantung), dengan memantapkan eksistensi, demi meningkatkan peran dan kontribusi dalam kehidupan bersama masyarakat.

Dr Hulman menyebut, bingkai pemahaman tersebut pekat mewarnai Dies Natalis STT HKBP ke-43 tahun 2021. "Dies Natalis akan dirayakan dengan ungkapan syukur kepada Allah Tritunggal yang senantiasa menyertai kiprah STT HKBP. Pada saat bersamaan, dalam perayaan Dies Natalis STT HKBP ke-43, melekat pula makna sebagai momentum penguatan komitmen untuk melalukan berbagai perubahan yang menghambat proses adaptasi, agar semakin seksis di tengah kemajuan teknologi komunikasi dan informasi," kata pria lulusan Jerman tersebut.

Untuk itulah, sambungnya, Panitia Dies Natalis ke-43 STT HKBP mengajak, seluruh stakeholder termasuk alumni, untuk bergandengan tangan menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah, yang berkaitan dengan eksistensi masa depan STT HKBP.

Dengan partisipasi berbagai pihak, rangkaian acara Dies Natalis STT HKBP ke-43 niscaya bisa bermuara, memperteguh karakteristik STT HKBP pada bidang teologi dan kependetaan sembari mengaktualisasikan standar mutu perguruan tinggi.

Langkah ini patut disertai dengan penegasan tentang upaya-upaya perubahan yang harus ditempuh bersama, sebagai bagian dari resolusi ulang tahun STT HKBP ke-43, sekaligus sebagai suatu penanda tingkat kedewasaannya dalam berkarya.

Sementara itu, dalam acara Webinar internasional Biblika yang berlangsung, Selasa (23/3) lalu menghadirkan pembicara, Dr Dieter Mitternacht. Dipandu moderator, Pdt Dr Rospita Siahaan, membahas, The Personality Of Paul. "Was Paul a man pleaser? (Galatia 1:10)."

Sedangkan, pada seminar nasional yang dijadwalkan, Rabu (7/4) mendatang, mengangkat topik, "Masa Depan Eksistensi STT HKBP."

Pembicara di antaranya, Ketua STT HKBP Pematangsiantar, Dr Hulman Sinaga (Materi, eksistensi STT HKBP saat ini dan harapannya ke depan). Ompu i Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar, mewakili pimpinan gereja tetangga Ephorus GKPS, Pdt Dr Deddy Fajar Purba. Dirjen Kemenag RI, Prof Dr Thomas Mentury MSi, mewakili warga jemaat, Dr Bernat Nainggolan dari Jakarta dan Kombes (Purn) Dr Maruli Siahaan dari Medan.

Peserta seminar yakni, para pelayan gereja, unsur pimpinan gereja, birokrasi pemerintah dan non pemerintah, tokoh masyarakat, ahli lintas keilmuan beserta Mahasiswa STT HKBP Pematangsiantar. (D8/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:HKBP
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com