133 Rumah dan Fasilitas Umum Rusak Dihantam Puting Beliung di Besitang Langkat


155 view
133 Rumah dan Fasilitas Umum Rusak Dihantam Puting Beliung di Besitang Langkat
Foto SIB: Lesman Simamora
RUSAK PARAH: Dihantam puting beliung serta ditimpa pohon mangga rumah milik keluarga Sumadanu rusak parah di Lingkungan Sei Pucuk, Kelurahan Pekan Besitang, Kab Langkat. Foto diambil, Senin (21/3).

Besitang (SIB)

Intensitas hujan yang tinggi disertai petir dan puting beliung melanda tiga kelurahan di Kecamatan Besitang, Langkat, mengakibatkan sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum porak poranda, Minggu (20/3) sekira pukul 17:15 WIB.


Sejumlah 133 rumah dan gedung sekolah serta masjid rusak dihantam puting beliung. Bangunan yang rusak tersebut terdapat di Kelurahan Pekan Besitang, Kampung Lama dan Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan Besitang.


Selain itu, cukup banyak pohon yang tumbang. Bahkan beberapa bangunan rumah hancur akibat tertimpa pohon seperti rumah Sumadanu (31), warga Lingkungan Sei Pucuk Kelurahan Pekan Besitang. Untuk mengevakuasi pohon mangga yang ukurannya relatif besar dari dalam rumahnya, Sumadanu terpaksa menggunakan jasa tukang potong kayu (chainsaw) .


Sementara itu, Sandi Bunga Pratiwi (26), warga Lingkungan V Sei Pucuk, atap seng berikut kuda-kuda bangunan rumahnya berterbangan 100 hingga 150 meter.


Bahkan, kata dia, sebahagian atap rumahnya tidak di temukan, entah kemana raib. "Kini rumahku sudah beratapkan langit, aku dan suami serta anak-anakku terpaksa numpang tidur di rumah orangtua kami," ucapnya.


Bukan itu saja, gedung SMA Negeri 1 Besitang juga tidak luput dari musibah. Atap dan plafon ruangan perpustakaan rusak dan satu RKB (ruang kelas belajar) juga rusak dihantam puting beliung.


" Ya benar, seperti yang Bapak lihat, ruangan perpustakaan rusak diterjang puting beliung, sementara satu RKB, atapnya mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang," ujar Kasek SMA Negeri 1 Besitang, Drs H Arya Darma S.Pd kepada SIB.


Camat Besitang, Irham Efendi S.Ag yang dikonfirmasi wartawan, Senin (21/3) membenarkan 133 bangunan rumah, fasilitas umum, termasuk bangunan masjid rusak akibat diterjang puting beliung.


“Untuk sementara, jumlah bangunan rusak tercatat 133. Namun sejauh ini, kita masih melakukan pantuan dan pendataan bersama BPBD Langkat di lapangan. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa”, ucapnya.


Disinggung bantuan sosial dari Pemkab Langkat, Irham mengakui, sejauh ini belum ada bantuan yang disalurkan. Saat ini petugas terkait dari Pemkab Langkat masih melakukan verifikasi di lapangan.


Beberapa korban saat ini berharap Pemkab Langkat memberi bantuan awal, minimal berupa terpal, supaya barang-barang berharga milik mereka tidak rusak jika hujan turun. (A11/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com