150 Warga Lingkungan VII Gedung Johor Jalani Test Swab Antigen, 1 Orang Reaktif Covid-19


236 view
150 Warga Lingkungan VII Gedung Johor Jalani Test Swab Antigen, 1 Orang Reaktif Covid-19
Internet
Ilustrasi Covid-19
Medan (harianSIB.com)

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau tracing Covid-19 terhadap warga Lingkungan VII Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Rabu (2/6/2021). Tracing dengan test swab antigen ini guna memastikan tidak ada lagi warga yang terpapar Covid-19 di lingkungan tersebut. Sebelumnya lingkungan tersebut harus diisolasi akibat tingginya jumlah warga yang terpapar Covid-19.

Wali Kota Medan yang hadir didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Medan, Syamsul Arifin Nasution dan Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi, sebagaimana dilansir akun Facebook Pemko Medan, Rabu (2/6/2021) malam, melihat langsung kesiapan para petugas medis yang akan melakukan test swab antigen, termasuk sarana pendukung lainnya agar warga merasa nyaman melakukan swab test tersebut. Bobby juga sempat berbincang dengan para tenaga medis guna memastikan pelaksanaannya berjalan lancar dan kondusif.

Usia melakukan tinjauan, Bobby mengatakan tracing yang dilakukan terhadap warga tersebut merupakan tindak lanjut dari isolasi lingkungan yang telah dilakukan. Setelah melakukan tracing di lingkungan keluarga dan tempat kerja pasien yang terpapar Covid-19, maka hari ini tracing dilakukan terhadap warga di Lingkungan VII dan lingkungan lain yang berdampingan dengan Lingkungan VII.

"Kita tidak hanya melakukan tracing di lingkungan pasien yang terpapar Covid-19, tetapi juga di lingkungan sekitar. Karena ini kawasan terbuka dan mobilitas warganya juga cukup tinggi, jadi kita antisipasi penyebaranya," Bobby.

Sedikitnya ada 150 warga yang melakukan test swab antigen. Dari 150 warga tersebut, 1 di antaranya terkonfirmasi reaktif Covid-19.

"Ada sekitar 150 warga yang hari ini melakukan swab test antigen, hasilnya ada 1 warga yang terkonfirmasi reaktif Covid-19. Sudah kita lakukan isolasi di rumah yang bersangkutan dan petugas puskesmas juga sudah datang melakukan tracing terhadap keluarga pasien, kita tinggal menunggu hasilnya," sebut Bobby.

Hingga hari ini, kata Bobby, jumlah pasien Covid-19 yang masih positif tinggal 5 orang dari sebelumnya 14 orang.

"Kesembuhan sudah cukup banyak dari yang sebelumnya 14 orang, kini tinggal 5 orang. Meski begitu, kita tetap terus melakukan tracing,"ujarnya.

Tidak hanya warga Lingkungan VII Kelurahan Gedung Johor, Medan Johor, yang dilakukan tracing, rencananya besok juga akan dilakukan tracing terhadap warga Lingkungan 10 Kelurahan Tanjung Sari, Medan Selayang, karena lingkungan tersebut juga diberlakukan isolasi. (*)

Penulis
: Donna Hutagalung
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com