17 RS Rujukan di Aceh Kini Nihil Pasien Corona


113 view
17 RS Rujukan di Aceh Kini Nihil Pasien Corona
(Edi Wahyono/detikcom)
Foto ilustrasi virus Corona. 
Banda Aceh (SIB)
Satgas Penanganan Covid-19 Aceh menyebut 17 dari 29 rumah sakit rujukan Covid sudah kosong dari pasien Corona. Pasien yang masih dirawat tinggal 39 orang dan tersebar di 14 rumah sakit lainnya.

"Pasien yang sedang dirawat 39 orang dari 226 kasus aktif dan 187 lainnya isolasi mandiri. Pasien dengan gejala sedang dan berat dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan yang ada di Aceh," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, kepada wartawan, Sabtu (23/10).

Dia mengatakan pasien di 14 RS itu menggunakan 39 tempat tidur dari total 938 tempat tidur khusus pasien Corona yang disiapkan. Sementara itu, 17 rumah sakit rujukan yang nihil pasien Corona memiliki kapasitas 151 bed.

"Pasien Covid-19 yang masih dirawat pada 14 rumah sakit tersebut hanya memakai sebanyak 39 bed dari 938 bed yang tersedia di ruang ICU maupun di ruang isolasi Pinere," ujar Saifullah.

Dia mengatakan tempat tidur yang kosong di RS rujukan pasien Corona itu tetap disiagakan. Dia berharap tak ada lagi pasien Corona yang masuk ke rumah sakit.

"Ratusan bed rumah sakit yang kosong tersebut tetap disiagakan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19, meski sangat tidak diharapkan akan diisi lagi. Harapan kita justru tidak ada lagi pasien Covid-19 yang baru hingga pandemi Covid-19 dinyatakan berakhir di tanah air," katanya.

"Kita doakan pasien di rumah sakit atau pasien dalam isolasi mandiri pun segera sembuh dan tidak ada penambahan pasien baru, sehingga bed rumah sakit bisa dikembalikan fungsinya seperti sebelum Covid-19 melanda Aceh," ucapnya.

Hingga Jumat (22/10) kemarin, jumlah kumulatif positif Corona di Aceh mencapai 38.265 kasus. Jumlah itu terdiri dari, pasien Covid-19 yang sedang dirawat 226 orang, pasien sembuh 35.999 orang dan 2.040 orang meninggal dunia. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com