2.250 Polisi dan Tentara Disiapkan Amankan PSU 2 TPS Pilkada Labuhanbatu


150 view
2.250 Polisi dan Tentara Disiapkan Amankan PSU 2 TPS Pilkada Labuhanbatu
Foto: Dok/Diskominfo
APEL GELAR PASUKAN: Pasukan Brimob Polda Sumut mengikuti apel gelar pasukan pengamanan PSU jilid 2 untuk 2 TPS Pilkada Labuhanbatu, Rabu (16/6), di lokasi TPS 007, Halaman Universitas Alwashliyah Labuhanbatu, Jalan Sempurna Rantauprapat. Apel gelar pasukan diikuti 1.250 pasukan gabungan TNI dan Polri.
Rantauprapat (SIB)
Pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Labuhanbatu di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan, akan digelar pada Sabtu 19 Juni. PSU yang ke-2 kalinya di 2 TPS itu akan dikawal 2.250 pasukan polisi dan tentara.

Kapolres AKBP Deni Kurniawan menyebutkan, personel gabungan pengamanan PSU Pilkada Labuhanbatu terdiri dari anggota Polres Labuhanbatu, Kodim 0209/LB, Batalyon 126/KC, Satuan Brimob dan Direktorat Samapta Polda Sumatera Utara sebanyak 1.250 orang. Selain itu, 1.000 personel dari 3 Polres tetangga, yakni Polres Asahan, Tanjungbalai dan Padanglawas Utara juga siap membantu, agar PSU berlangsung lancar, aman, damai dan sehat.

"Saat ini semua kekuatan pengamanan telah siap untuk mengamankan PSU yang ke-2 kalinya di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan yang akan digelar 19 Juni ini," kata Kapolres Deni Kurniawan seusai apel gelar pasukan pengamanan PSU, Rabu (16/6), di halaman Universitas Alwashliyah Labuhanbatu, Jalan Sempurna Rantauprapat.

Ditanya terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang PSU, Kapolres mengatakan secara umum masih sangat kondusif.

"Memang secara umum situasi keamanan sangat kondusif. Namun situasi politik sedikit memanas. Kita telah melakukan berbagai upaya termasuk berkoordinasi dengan Bawaslu Sumut, Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, KPU Sumut, KPU Labuhanbatu, para pasangan calon dan tim masing-masing paslon untuk bersama-sama memastikan situasi aman dan paslon beserta timnya agar menenangkan massa pendukungnya untuk tidak melakukan tindakan yang berdampak pada gangguan kamtibmas," jelas Kapolres.

Sementara itu, Penjabat Bupati Labuhanbatu Muliyadi Simatupang meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan PSU. Semua pihak harus bersikap tenang supaya PSU berlangsung dengan aman.

"Izin Allah, dengan kesiapan petugas TNI dan Polri, Labuhanbatu aman. Masyarakat juga tidak usah khawatir, tetapi bersikap tenang dan beraktifitas seperti biasa," ujarnya.

Pj Bupati juga menyebut pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama Polda Sumut, Polres Labuhanbatu, Bawaslu Sumut, Bawaslu Labuhanbatu, KPU Sumut dan KPU Labuhanbatu bersama ketua tim pemenangan masing-masing paslon bupati-wakil bupati yang akan mengikuti PSU jilid II, Selasa (15/6), di Aula Tunggal Panaluan Polres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat.

Pj Bupati Mulyadi Simatupang meminta masing-masing ketua pemenangan paslon agar sama-sama menjaga kondusifitas PSU jilid II, sehingga dapat berlangsung aman dan damai.

Rapat koordinasi itu diikuti Wadir Reskrimum Polda Sumut AKBP Faisal Napitupulu, Ketua Bawaslu Sumut Safrida R Rasahan, Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap beserta jajaran, Kajari Labuhanbatu Kumaedi SH, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimpunan Ritonga, Plt Kepala BPBD Atia Muchtar Hasibuan, Perwakilan Kesbangpol Labuhanbatu, Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur Munthe, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Ketua Tim Pemenangan Paslon Nomor 2 Erik Adtrad Ritonga-Hj Ellya Rosa Siregar dan Ketua Tim Pemenangan Paslo 3 Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar.

Sebelumnya, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi mengatakan jumlah DPT yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaranbatu 942 orang.

PSU ini sebenarnya pertarungan paslon nomor 2 Erik Adtrada-Elkya Rosa dengan paslon nomor 3 Andi-Faizal, karena perolehan suara 3 Paslon lainnya terpaut jauh. Paslon 2 dan 3 akan berebut suara terbanyak pada PSU untuk menjadi pemenang Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com