200 Ha Lahan di Tapian Dolok Bakal Jadi Kawasan Industri


202 view
200 Ha Lahan di Tapian Dolok Bakal Jadi Kawasan Industri
(Foto: harianSIB.com/Putra Nainggolan)
ASET: Lahan aset Pemkab Simalungun seluas 200 hektare di Tapian Dolok diprogramkan menjadi kawasan industri. Foto diambil, Kamis (7/10/2021). 
Simalungun (harianSIB.com)
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga memprogramkan pemanfaatan 200 hektare lahan di Tapian Dolok aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, untuk dijadikan sebagai kawasan industri.

Kebijakan itu dilakukan untuk mendongkrak penambahan sumber pendapatan asli daerah (PAD), meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meminimalisir angka pengangguran.

"Ya, jadi lahan industri. Berbagai upaya akan kita lakukan untuk meningkatan PAD dan pajak," tutur Radiapoh, Kamis (7/10/2021).

Program tersebut direncanakan dimulai tahun 2022. Jika kawasan industri Tapian Dolok nantinya terwujud maka dipastikan bakal merekrut ribuan tenaga kerja.

"Sebanyak 11 ribu tenaga kerja. Kita tetap komit untuk mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Radiapoh bahkan meminta pejabat eselon II (kepala dinas) di lingkungan Pemkab Simalungun giat membangun kemitraan dengan para investor. Kawasan industri tentunya membutuhkan kehadiran investor.

"Kepala Dinas cari investor, apa yang bisa dikerjasamakan. Simalungun punya kemampuan untuk itu. Ketika program tidak bisa direalisasikan, percuma saja. Tapi, ketika program dapat realisasi maka akan dinikmati masyarakat," urai Radiapoh.

Sebagaimana diketahui, 200 hektare lahan aset Pemkab Simalungun di Tapian Dolok, selama ini belum dikelola secara maksimal. Lokasinya cukup strategis persis di pinggiran jalan lintasan Pematangsiantar-Medan. Bahkan, sebagian lahan tersebut pernah dikontrak PT Waskita Karya dan Waskita Beton. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com