25 Nakes RSUD Rantauprapat Terpapar Covid-19 Sudah Mulai Bekerja


227 view
25 Nakes RSUD Rantauprapat Terpapar Covid-19 Sudah Mulai Bekerja
Foto SIB/Efran Simanjuntak
UGD RSUD Rantauprapat 
Rantauprapat (SIB)
Dua puluh lima tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat yang terpapar Covid-19, sudah mulai kembali bekerja melayani pasien di rumah sakit milik Pemkab Labuhanbatu itu, Senin (5/10). Mereka disebut telah sembuh dari virus corona.

"Puji Tuhan, sudah (sembuh dari Covid-19) dan semua sudah kembali bekerja," kata Humas RSUD Rantauprapat, Dony Simamora melalui WhatsApp saat dikonfirmasi SIB, Senin (5/10).

Dony menyebut, para nakes itu dinyatakan telah layak bekerja kembali setelah diisolasi lebih dari 14 hari. Ada isolasi mandiri di rumah, ada yang di Medan, ada yang diisolasi di lantai 3 RSUD dan ada yang dikarantina di Wisma Atlet komplek Stadion Binaraga Rantauprapat.

"Mereka sudah layak bekerja sesuai anjuran dokter, berdasarkan hasil pemeriksaan rongent terakhir dan tidak ada gejala lagi," sebut Dony.

Seorang nakes yang sempat positif dari hasil pemeriksaan RT PCR (Polymerase Chain Reaction) dan telah kembali bekerja, menyebut telah menerima surat keterangan dari Ketua Tim Covid-19 RSUD Rantauprapat dr H Eddy Janis SpP, menerangkan sesuai protokol penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan No.HK.01.07/Menkes/413/2020, pasien yang terkonfirmasi PCR (OTG dan gejala ringan) tanggal 18 September 2020 diisolasi mandiri selama 10 hari dan bebas dari gejala, sudah layak untuk beraktivitas kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan. Surat keterangan tersebut ditandatangani Eddy Janis, 1 Oktober 2020.

"Sebelum dikarantina 7 hari di Wisma Atlet, kami sudah isolasi mandiri di rumah selama 10 hari," sebut perawat yang enggan disebut namanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Hobol Zulkifli Rangkuti membenarkan 12 tenaga medis RSUD Rantauprapat yang dikarantina di Wisma Atlet sejak Sabtu-Minggu (26-27/9) atas permintaan Direktur RSUD Rantauprapat dr Safril RM Harahap SpB untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sudah meninggalkan wisma tersebut.

"Sudah. Mereka sudah pulang semua, Jumat (2/10) sore," sebut Hobol, yang juga Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Labuhanbatu itu. (BR6/f)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com