272 Sapi Terpapar PMK dan 75 Ekor Dinyatakan Sembuh di Agara


94 view
272 Sapi Terpapar PMK dan 75 Ekor Dinyatakan Sembuh di Agara
Foto harianSIB.com / Armentoni Munthe
Juru bicara Satgas penanganan dan penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak Kabupaten Aceh Tenggara, Zul Fahmi SSos.

Kutacane (harianSIB.com)


Juru bicara Satgas Penanganan dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak Kabupaten Aceh Tenggara, Zul Fahmi SSos melaporkan, hingga Jumat 12 Agustus 2022, terdapat 272 ternak sapi yang terpapar PMK di wilayah kabupaten itu.


"Berdasarkan laporan petugas medik veteriner kecamatan, dari jumlah sapi yang terpapar PMK tersebut, 75 ekor dinyatakan sembuh, 4 mati, 3 ekor dipotong paksa dan sisa sakit 190 ekor dari 215 sapi yang sudah ditangani," kata Zul Fahmi, Sabtu (13/8/2022).


Menurut Fahmi yang juga Kadis Kominfo Aceh Tenggara itu, di daerah asal wabah sudah dilakukan penyemprotan disinfektan, Desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas dan sekitarnya, serta beberapa desa di 7 kecamatan lainnya.


Untuk penanggulangan wabah PMK di daerah ini, upaya-upaya yang dilakukan tim satgas, melakukan sosialisasi kepada masyarakat peternak, agar memelihara ternaknya secara intensif, tidak melepasliarkan ternak.


"Aceh Tenggara sudah dibantu 2.400 dosis vaksin PMK oleh Kementrian Pertanian yang didistribusikan Dinas Peternakan Aceh, namun masih perlu tambahan bantuan vaksin untuk pencegahan PMK di Aceh Tenggara," pungkas Fahmi (B6).

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com