29 Kabupaten/Kota di Sumut Sudah Bisa Laksanakan Vaksinasi Booster


178 view
29 Kabupaten/Kota di Sumut Sudah Bisa Laksanakan Vaksinasi Booster
Foto Dok/Leo Bukit
Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM
Medan (harianSIB.com)

Sebanyak 29 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah bisa melaksanakan vaksinasi booster pertanggal 12 Januari 2022, sedangkan empat daerah lagi belum bisa melaksanakan vaksinasi dosis ketiga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Ismail Lubis mengatakan keempat daerah itu adalah Medan, Deliserdang, Padanglawas dan Padangsidimpuan.

“Jika kemarin ada 11 kabupaten/kota belum bisa vaksinasi booster, tapi hari ini jadi empat daerah. Untuk 29 daerah di Sumut sudah bisa vaksinasi booster. Empat daerah yang belum bisa melaksanakan, karena ada perubahan aturan dari Kemenkes RI," katanya, Rabu (12/1/2022).

Ismail mengatakan, vaksinasi booster tersebut untuk menambahkan imunitas tubuh, agar terhindar dari segala virus. Direncanakan, 239 dosis vaksin booster yang tersedia telah disalurkan ke 29 daerah.

“Jadi vaksinasi booster ini segera dilakukan, sebab vaksin dosis satu dan dua diprediksi titer antibodi Covid-19 sudah berkurang, sehingga perlu ditambah lagi dengan vaksin ketiga jenis booster,” katanya.

“Sebanyak 239 dosis vaksin dengan rincian satu dosis vaksin dapat dibagikan kepada dua orang, sehingga ditotalkan 500 orang untuk permulaan,” tambahnya.

Vaksinasi booster sudah didistribusikan ke RS Haji, RSUP H Adam Malik, RSJ M Ildrem, RS UPT Mata dan Paru serta Puskesmas rujukan. “Untuk Puskesmas dan fasilitas kesehatan, tergantung kabupaten/kota masing-masing,” kata Ismail. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com