3.118 Nelayan Labuhanbatu Diasuransikan


188 view
3.118 Nelayan Labuhanbatu Diasuransikan
SIB/Dok
ASURANSI NELAYAN: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Labuhanbatu Jumingan foto bersama para nelayan penerima asuransi dan santunan kematian, Senin (3/4), di Panai Hilir. Pemerintah pusat mengasuransikan 3.118 nelayan Labuhanbatu untuk kecelakaan di laut
Labuhanbatu (SIB) -Pemerintah pusat mengasuransikan 3.118 dari 6.400 nelayan Labuhanbatu. Mereka telah menerima kartu polis asuransi perlindungan kerja, baik kecelakaan di laut maupun di darat, Senin (3/4), di Panai Hilir.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu, Jumingan, di Rantauprapat, Selasa (4/4),  mengatakan penyerahan kartu polis secara simbolis dilaksanakan sehari sebelumnya.

Menurut Jumingan, ada dua jenis asuransi yang diserahkan bagi nelayan di Kecamatan Panai Hilir, Panai Tengah, Panai Hulu dan Bilah Hilir, yaitu asuransi Kasindo dari pemerintah pusat dan asuransi Ramayana dari Pemprov Sumut.

Katanya, pihaknya akan terus mengajukan tahap selanjutnya (para nelayan yang belum masuk asuransi).

"Ini program nasional. Namun kita akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar semua nelayan terdaftar dan merasakan manfaatnya," sebut Jumingan.

Dia menjelaskan, asuransi dapat digunakan nelayan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja, baik di laut maupun darat.

"Kami harap dengan bantuan asuransi, seluruh nelayan di Labuhanbatu dapat lebih merasa tenang dalam menjalankan aktivitasnya dan semakin giat bekerja mencari ikan di laut," harapnya.

Saat penyerahan kartu polis, tambahnya, juga diserahkan santunan kematian Rp160 juta kepada ahli waris almahum Sukri di Desa Seisanggul Kecamatan Panai Hilir.

Menanggapi itu, anggota DPRD Labuhanbatu, Dipa Topan mengapresiasi pemerintah pusat atas program tersebut.

Menurutnya, masyarakat nelayan wajar berbangga hati karena baru ini pertama kali nelayan diasuransikan pemerintah, sebagai wujud perhatian atas risiko nelayan mencari ikan di laut.

"Ini bentuk keseriusan perhatian pemerintah kepada masyarakat," ujarnya. (D13/d)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com