3.170 Peserta Asal Sumut Ikuti Ujian SKD CPNS MA 2021


88 view
3.170 Peserta Asal Sumut Ikuti Ujian SKD CPNS MA 2021
(Foto SIB/humas PT Medan)
Ketua PT Medan Setyawan Hartono saat memberikan motivasi kepada para peserta yang mengikuti ujian CPNS MA 2021 di Gedung H Anif Unimed, Rabu (15/9).
Medan (SIB)
Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setyawan Hartono SH MH membuka ujian tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Mahkamah Agung (MA) RI, Rabu (15/9).

Pelaksanaan ujian yang digelar di Gedung H Anif Universitas Negeri Medan (Unimed) itu dilaksanakan dari Rabu hingga Sabtu (15-18/9) dengan metode bergelombang hingga selesai. Peserta yang mengikuti ujian tersebut sebanyak 3.170 peserta se Sumut.

Dalam sambutannya, Ketua PT Medan meminta agar para peserta yang ikut ujian dapat teliti dan memahami soal-soal yang diberikan. "Jangan terburu-buru dan tergesa-gesa dalam menjawab sejumlah soal yang diberikan. Teliti baca soalnya," ucap Ketua PT kepada para peserta sebelum pelaksanaan ujian yang juga dihadiri Ketua PT Tata Usaha Negara Medan, Dr Arifin Marpaung SH MH, Kadilmilti I Medan, Brigjen TNI Parman Nainggolan SH MH dan Ketua Pengadilan Agama Medan, Dr H Abd Hamid Pulungan SH MH.

Ketua PT Medan juga berharap agar seleksi ini, menghasilkan tenaga-tenaga yang berkualitas sangat baik untuk menjabat atau bekerja di lingkungan MA.

Sedangkan Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing SH MH menyebut, ujian tersebut dilaksanakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wilayah Sumut. "Ujiannya dilaksanakan oleh BKN Wilayah Sumut. Metode ujian pada tahapan SKD ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan passing grade yang telah ditentukan berdasarkan peraturan.

Para peserta yang mengikuti ujian SKD ini setelah dinyatakan lulus tahapan seleksi administrasi," ucap John Pantas.

John Pantas menambahkan, pada ujian SKD ini, panitia telah menyiapkan soal-soal ujian yang terangkum dalam tiga tes kemampuan yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas 166, Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai ambang batas 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilai ambang batas 65. "Itu untuk formasi umum. Sedangkan untuk formasi khusus Disabilitas, TIU-nya dengan nilai ambang batas 60 dan total SKD sebanyak 286," terangnya.

Seperti diketahui, MA melaksanakan seleksi CPNS tahun anggaran 2021 dengan berbagai posisi yang dibutuhkan, di antaranya Calon Hakim (Cakim). Formasi tersebut berdasarkan posisi dan jenjang pendidikan yang dilamar. Ada tiga formasi yang dibutuhkan yakni Formasi Umum, Formasi khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat dan terakhir Formasi Penyandang Disabilitas.

Jenjang pendidikan D3 hingga S1. MA membutuhkan 3.337 pegawai baru yang akan ditempatkan di Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Mahkamah Syariah, Pengadilan Militer dan beberapa kantor di lingkungan Mahkamah Agung lainnya. (A17/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com