3.442 Calon Perangkat Desa di Taput Tak Kunjung Ujian Seleksi


840 view
3.442 Calon Perangkat Desa di Taput  Tak Kunjung  Ujian Seleksi
Istimewa
Ranap Manalu
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Sebanyak 3.342 calon perangkat desa di Kabupaten Tapanuli Utara yang sudah mendaftar tahun 2020, belum juga menjalani ujian seleksi. Padahal, di tahun 2020, seluruh seluruh calon perangkat desa yang telah mendaftar sudah melakukan pengurusan surat kesehatan dan surat keterangan bebas narkoba dari RSUD Tarutung.

Kabid Administrasi dan Kerjasama Desa
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Taput, Ranap Manalu yang dikonfirmasi jurnalis Koran SIB Bongsu Batara Sitompul, Jumat (16/7/2021), mengatakan, 3.442 calon perangkat desa tersebut sudah mendaftar pada 2020.

"Faktor ditundanya ujian seleksi karena kondisi pandemi Covid-19 dan anggarannya belum ada. Rencananya tahun ini mau dilakukan seleksi, namun anggarannya juga tidak ada ditampung. Di samping itu, pada November 2021, mau dilaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) di Taput," jelasnya.

Ditanya masa berlaku surat keterangan kesehatan dan bebas narkoba untuk peserta calon perangkat desa, ia mengatakan, tidak diatur ketentuan masa berlakunya.

"Seluruh peserta telah mendaftar pada 2020. Jadi bila dilakukan ujian seleksi nanti, surat kesehatan dan bebas narkoba tidak diminta lagi," terangnya.

Ranap menambahkan, ujian seleksi calon perangkat desa tersebut untuk mengisi perangkat di desa - desa di Taput. Untuk penghasilan tetap (siltap) perangkat desa, anggarannya dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Ranap juga belumnbisa memastikan apakah pada 2022 bisa dilakukan ujian seleksi. "Semuanya tergantung dari anggaran," katanya. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com