3 Bulan Terakhir, Kasus ODGJ 15 Orang di Pematangsiantar


93 view
3 Bulan Terakhir, Kasus ODGJ 15 Orang di Pematangsiantar
ANTARAFOTO/Hafidz Mubarak A.
Ilustrasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 
Pematangsiantar (SIB)
Jumlah kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Pematangsiantar selama tiga bulan terakhir sebanyak 15 orang. Hal itu dikatakan Kasi PTM (penyakit tidak menular) dan Keswa (kesehatan jiwa) melalui pengelola data ODGJ, Erida Damanik kepada wartawan melalui whatsapp,Jumat(8/10).

Dikatakan, jumlah kasus tersebut diambil berdasarkan data dari Dinas Kesehatan melalui 19 Puskesmas yang ada di Kota Pematangsiantar.

"Adapun rincian jumlah kasus ODGJ di tiga bulan terakhir seperti bulan Juni 4 orang terdiri dari 3 laki-laki, 1 perempuan sedangkan di Juli bertambah 2 orang yaitu laki-laki dan perempuan, terakhir pada Agustus ada 9 orang, 5 laki-laki serta 4 perempuan,"katanya.

Erida menambahkan untuk kasus di bulan September pihaknya masih mendata melalui setiap Puskesmas. Dalam hal ini juga pihaknya melakukan wawancara maupun skrining untuk mengatasi ODGJ menggunakan kuisioner yang telah disiapkan untuk mengetahui atau deteksi dini dan untuk pengobatannya dilakukan sesuai dengan standart pelayanan minimal.

Ketika ditanya jenis-jenis gangguan jiwa, ia mengatakan ada beberapa kategori penyakit tersebut yaitu depresi, insomnia, gangguan psikotik dan demensia,"ujarnya.(D7/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com