Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

33 Kabupaten/Kota Diminta Keroyokan Atasi Stunting di Sumut


397 view
33 Kabupaten/Kota Diminta Keroyokan Atasi Stunting di Sumut
Foto: SIB /piktor sinaga
BUKA RAKERDA : Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumut, disaksikan Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) RI Tavip Agus Rayanto (pakai batik) di Hotel Santika, Medan, Rabu (8/2/2023). 

“Karena stunting ini bukan hanya masalah gizi saja, tetapi juga soal sanitasi, air bersih dan lainnya. Informasi itu penting, harus bisa sampai ke daerah, ke masyarakat seperti yang dilakukan Labura, posyandunya aktif di semua tempat, bukan sekedar ada tapi aktif ini perlu dicontoh,” ujarnya.

Tahun 2022, lanjut Ijeck, berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, Sumut berhasil menurunkan angka prevalensi stunting sebesar 4,7%, menjadi 21,1%, dari sebelumnya 25,8% pada tahun 2021. “Capaian yang luar biasa ini atas kerja sama antara Kepala Perwakilan BKKBN dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Mudah-mudahan kami yakin untuk tahun 2023 angka 18% bisa tercapai dan 2024 bisa turun 14% bahkan mungkin bisa di bawah itu,” ujar Ijeck.

Ijeck juga mengingatkan pemerintah daerah untuk dapat memaksimalkan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) 2023. “Tahun ini dana BOKB meningkat sebesar Rp493 miliar, jumlah ini mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp171 miliar. Dananya sudah ada, tinggal bagaimana Pemda meningkatkan perannya, semoga tahun ini serapan dana BOKB bisa meningkat,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa SH MH, Pj Wali Kota Tebing Tinggi M Dimyati SSos MTP, Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat MM, Wakil Bupati Labura Samsul Tanjung, ST MH, Zonny Waldi SSos MM Wakil Bupati Simalungun.(A03 /d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com