368 Pangulu di Simalungun Belum Gajian Tiga Bulan

* Kepala BPKAD : DAU Belum Turun

194 view
368 Pangulu di Simalungun Belum Gajian Tiga Bulan
Foto Dok
Sarimuda PurbaEva Suryati Ulyarta Tambunan
Simalungun (SIB)
Sebanyak 368 pangulu (kepala desa) di Simalungun hingga kini belum juga menerima gaji selama 3 bulan terhitung mulai Januari 2021.

Informasi diperoleh seperti dilansir dari hariansib.com, Senin (12/4), para pangulu tersebut sangat mendambakan pencairan gaji. Pasalnya, kebutuhan rumahtangga mendesak untuk dipenuhi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Simalungun, Sarimuda Purba dikonfirmasi, membenarkan 368 pangulu belum mendapatkan gaji selama 3 bulan.

"Kami sudah usulkan ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) agar segera mencairkan gaji seluruh pangulu. Namun, sampai sekarang belum juga terealisasi," kata Sarimuda.

Ia bahkan mengaku kerap didatangi oleh sejumlah pangulu, mendesak segera dicairkan gaji. Tapi, soal pencairan itu bukan menjadi wewenang DPMPN.

"Kita juga berharap agar BPKAD memberikan atensi karena pangulu merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa," urainya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Simalungun Eva Suryati Ulyarta Tambunan mengatakan, penyebab belum dicairkannya gaji pangulu karena Dana Alokasi Umum (DAU) belum dialokasikan oleh pemerintah pusat ke Simalungun.

"DAU belum turun," sebut Eva, singkat. (SS15/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com